Rabu, 02 Maret 2011

SETELAH 2 KAPAL PERANG AS SEKARANG KANADAPUN MERAPAT KE LIBYA


Ottawa - Sebuah kapal perang Kanada berlayar menuju Libya. Kapal tersebut akan bergabung dengan dua kapal perang Amerika Serikat yang telah lebih dahulu dikerahkan menuju Libya.

Kapal perang HMCS Charlottetown tersebut mengangkut 225 pelaut dan sebuah helikopter Sea King di atas deknya. Kapal tersebut telah meninggalkan pelabuhan Halifax pada Rabu, 2 Maret waktu setempat dan memulai pelayaran selama 7 hari menuju Libya.

"Sehubungan dengan kesulitan dan masalah yang terus berlangsung di wilayah itu, HMCS Charlottetown akan bertolak dari Halifax untuk ikut serta dalam operasi evakuasi Kanada dan internasional yang telah berlangsung di Libya," kata Perdana Menteri Kanada Stephen Harper pada parlemen seperti dilansir News.com.au, Kamis (3/3/2011).

Pada Senin, 28 Februari lalu, Kanada juga mengerahkan tim pengawas militer beranggotakan 13 orang dan tim medis ke Malta. Kanada juga mengirimkan jet kargo C-130J dan dua pesawat transpor jumbo C-17 guna membantu evakuasi warga negara asing dari Libya dan membantu upaya bantuan kemanusiaan.

Sementara dua kapal perang AS yang menuju Libya saat ini telah memasuki Terusan Suez, Mesir. Kedua kapal tersebut, USS Kearsarge dan the USS Ponce membawa ratusan Marinir, sejumlah helikopter dan peralatan militer.

Saat ini beredar spekulasi bahwa AS dan negara-negara sekutu tengah bersiap melakukan intervensi militer di Libya guna menggulingkan rezim Muammar Khadafi. Sebelumnya pemerintah AS telah memperingatkan bahwa Libya terancam perang saudara jika Khadafi tidak segera turun.

0 komentar:

Posting Komentar