Sabtu, 05 Februari 2011

MESIR


KISAH 20 MAHASISWA DI TANGKAP MILITER MESIR
Kairo - Meskipun 8 mahasiswa izin tinggalnya kadaluarsa, namun tidak ada yang ditahan. Pemeriksaan oleh aparat Mesir adalah tindakan normatif, bagian dari patroli negara dalam keadaan genting. 

Hal itu dijelaskan oleh Konselor Pensosbud merangkap Koordinator Humas Satgas Perlindungan WNI KBRI Kairo Iwan Wijaya M dalam keterangan persnya kepada detikcom, Sabtu malam atau Minggu (6/2/2011) pagi WIB. 

Menurut Iwan, terkait berita di tanah air mengenai 20 Mahasiswa Indonesia didatangi militer Mesir, pihak Koordinator Bidang Keamanan Fisik dan Perlindungan WNI, Tony T. Ardijanto telah melakukan pengecekan dan memperoleh informasi atas kejadian itu. 

Dijelaskan, peristiwa yang terjadi pada Sabtu sekitar pukul 12.00 waktu setempat, itu bermula ketika 20 mahasiswa Indonesia terlihat dari luar apartemen di daerah Distrik Toub Romly, Kairo, sedang mengemas barang-barang. 

Barang-barang tersebut akan dibawa dalam perjalanan ikut penerbangan evakuasi ke tanah air, yang dijadwalkan hari ini, 6/2/2011. 

Menurut salah satu mahasiswa yang diperiksa, Asif, ketika itu datang truk militer sedang patroli rutin dan aparat keamanan Mesir kemudian meminta keterangan sekitar apa yang sedang dilakukan dan selanjutnya barang-barang yang telah dikemas itu diperiksa. 

Setelah melakukan pemeriksaan di tempat, aparat militer Mesir meminta 3 dari 20 mahasiswa yang lancar berbahasa Arab untuk ikut ke kantor untuk keterangan lebih lanjut. 

Yang ditanyakan adalah kembali sekitar pemilikan dan pengemas barang tersebut serta diperiksa ulang dokumen, kartu identitas diri, telepon genggam dan laptop. 

Karena tidak ditemukan sesuatu dan semua kartu mahasiswa, paspor masih berlaku, serta kepemilikan barang-barang itu sah, maka mereka dipulangkan kembali ke tempat tinggalnya. Begitu pula barang-barang yang diperiksa dipersilakan dibawa kembali. 

Izin Tinggal Kadaluarsa 

Sebelum 3 dari 20 mahasiswa itu diminta ikut ke markas militer, diketahui dari pemeriksaan di apartemen mahasiswa bahwa izin tinggal 8 mahasiswa ternyata sudah habis masa berlakunya alias kadaluarsa. 

Para mahasiswa terkait kemudian menjelaskan bahwa mereka sudah akan mengurus perpanjangan izin tinggal, namun karena terjadi perkembangan domestik Mesir sedemikian rupa akhirnya mereka tidak bisa melanjutkan mengurus izin tinggal. Atas penjelasan itu aparat militer yang memeriksa dapat memahami. 

Berkaitan dengan hal tersebut, adalah normatif apabila terjadi pemeriksaan oleh aparat militer maupun polisi Mesir, yang sedang melakukan patroli rutin, mengingat situasi dan kondisi Mesir belum normal. Terlebih apabila terlihat kerumunan masyarakat di luar rumah. 

Bahkan masyarakat setempat yang sedang bertugas sebagai pengamanan swakarsa juga dapat memeriksa setiap orang lewat demi menjaga keamanan lingkungannya. 

Dalam situasi dan kondisi perkembangan politik Mesir saat ini, maka hal-hal normatif yang dilakukan oleh aparat setempat patut ditaati dan dihormati. 

Begitu pula apabila ada pemeriksaan ketika sedang mengendarai kendaraan. Tindakan pemeriksaan itu semata-mata hanya untuk memberikan rasa aman kepada semua masyarakat di Mesir. 

"KBRI Kairo senantiasa menghimbau agar WNI di Mesir selalu membawa identitas diri, menghindari tempat-tempat yang dinilai menjadi lokasi unjuk rasa, serta memperhatikan dan mentaati peraturan negara setempat," demikian Iwan.
(es/es)

HUSNI MUBARAK MUNDUR



KAIRO - Presiden Mesir Hosni Mubarak akhirnya mengundurkan diri sebagai ketua Partai Demokrat Nasional yang berkuasa di negeri itu, tapi tidak dari kursi kepresidenan. Demikian laporan CNN mengutip TV pemerintah setempat.

Mubarak mundur sebagai Ketua Partai Demokratik Nasional, partai yang berkuasa. Langkah Mubarak diikuti enam orang lainnya, termasuk putra Mubarak, Gamal Mubarak.

Sementara itu sebelumnya para pemimpin oposisi dan kaum intelektual bertemu dengan Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman hari Sabtu (5/2/11) waktu setempat, mendiskusikan cara yang mudah mengurangi kekuasaan Presiden Hosni Mubarak, yang merupakan tuntutan utama puluhan ribu pengunjuk rasa.

Di antara pemimpin yang mundur adalah Sekjen Safwat El Sherif, 77, yang telah berkuasa dalam kemapanan Mesir sejak 1960 dan merupakan pilar dari tokoh-tokoh lama. Sherif tak lagi sebagai ketua parlemen.

Sedangkan Gamal Mubarak yang tak memiliki posisi dalam kepemimpinan, tak memenuhi syarat sebagai calon presiden partai berdasarkan konstitusi yang ada.

Presiden Mubarak sendiri memegang posisi presiden NDP dan televisi negara tidak menyebutkan itu berubah. Nama-nama lain dalam kepemimpinan inti partai itu ialah Zakaria Azmi, kepala staf Mubarak, juru bicara NDP Ali el—din Hilal dan Ahmed Ezz, yang sudah mundur beberapa hari setelah pergolakan pecah melawan Mubarak. Partai itu merupakan salah satu target utama aksi unjuk rasa dan markas besarnya dekat Bunderan Tahrir dibakar selama unjuk rasa. (CNN/KSP)


KISAH 3 MAHASISWA 30 MENIT DI TODONG SENJATA MILITER MESIR



 Hampir satu kompi militer Mesir bersenjata laras panjang, plus bayonetnya, mengepung sebuah apartemen di distrik Toub Romly, Mesir. Sekitar 20 orang mahasiswa Indonesia di lantai satu apartemen tersebut kaget dengan kedatangan mereka.

Peristiwa mencekam itu terjadi pukul 12.00 waktu Mesir. Kira-kira pukul 17.00 Wib di Indonesia. "Dalam keadaan seperti ini, kami bisa tangkap siapa saja," ujar komandan tentara menghardik, seperti ditirukan Asif Fudholi, seorang mahasiswa Indonesia di apartemen tersebut.

Bagi Asif, Mesir adalah tujuannya menuntut ilmu. Ia sama sekali tak membayangkan, hidup di negeri orang, tiba-tiba ditodong senjara oleh militer setempat. Bukan satu orang, melainkan puluhan tentara. Itu dirasakan Asif sejak keluar apartemen sampai masuk mobil militer.

"Di dalam mobil militer itu kami dipojokkan di sudut mobil. Sambil tentara-tentara itu menodongkan senjatanya sepanjang perjalanan menuju markas. Tepatnya Ma'had Harb Elektronia," kata Asif.

Dua rekan Asif, Bisyri Ikhwan dan Gofur ketakutan. Keduanya sama sekali tak berkutik, diam menghadapi keadaan yang ada. Asif mengakui, dirinya diambil oleh tentara karena dalam penyergapan itu, yang paling berani bicara. Itulah mengapa Asif ikut dibawa, bersama Bisyri dan Gofur.

Di mobil militer, ketiganya tak berkutik. "Selama perjalanan mereka menodongkan senjata. Tanpa ada pembicaraan. Hanya satu yang mereka katakan. Menyuruh kami tidak banyak bergerak," kata Asif mengingat perintah keras dari tentara yang membawanya.

Alasan lain dirinya diciduk, lebih karena Asif mahir bahasa awam rakyat Mesir kebanyakan. Sementara teman-teman dan mahasiswa lain, masih baru, di samping belum lancara bahasa pergaulan orang Mesir. Perjalanan dari apartemen ke markas militer sekitar 30 menit.

Asif, dan dua rekannya sangat ketakutan. Setelah hampit tiga puluh menit ditodong banyak pertanyaan, kendati tidak lagi di bawah todongan senjata. Asif tak tahu apa pikiran teman-temannya yang masih tinggal di apartemen.

"Hanya kami bertiga yang ditangkap dan dibawa ke markas tentar itu. Tidak ada mahasiswa yang ditangkap dari apartemen lain. Selain kita bertiga, mereka tetap ditahan dan dijaga di apartemen oleh tentara," katanya lagi.

"Setelah pulang dari markas banyak, teman-teman yang menanyakan keadaanku. Teman-teman langsung menelpon KBRI di Kairo, tapi enggak ada kabar dari sana," ceritanya lagi. "Tapi kelanjutannya saya tidak tahu kabarnya lagi."

Menurut Asif, warga negara Indonesia di distrik ini berjumlah sekitar 50 sampai 70 orang. Proses evakuasi katanya masih berjalan dan mendahulukan yang perempuan dan anak-anak. "Untuk para lelaki belum ada kepastian kapan kita dievakuasi," katanya.

Sementara daerah sekitar Toub Romly, jumlah warga negara Indonesia lebih banyak yang belum dievakuasi. Asif, dan warga negara Indonesia lainnya hanya punya satu harapan sekarang. Pemerintah Indonesia cekatan mengevakuasi warganya. Mengingat turun atau tidak turunnya Mubarak, perang saudara bakal terjadi.

"Kita meminta pemerintah mengirimkan pesawat untuk evakuasi. Biar teman-teman cepat sampai tanah air dan cepat merasa aman. Mubarak turun ataupun tidak, keadaan akan semakin genting. Jika Mubarak tak mau turun, prediksinya perang saudara terjadi," katanya. (*)

KISAH PEREMPUAN MISTERIUS YANG MEMBAGI UANG DI PASAR SENEN


Seorang perempuan misterius membagi-bagikan uang ke beberapa pedagang di pasar senen. Apakah ini sebuah kampanye politik…? Sepertinya tidak. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa tidak ada yang mengenal dengan perempuan tersebut. Aaah…alangkah indahnya jika semua pejabat negeri ini…bisa memberikan sedikit kekayaannya kepada rakyat…tanpa imbalan politik apapun…betul-betul ikhlash hanya ingin mendapat ridho dan pahala dari Allah swt……semoga aja. Lebih lanjut mengenai hal ini simak artikel berikut:
Perempuan Misterius Bagikan Duit di Pasar Senen
Bak mimpi di siang bolong, beberapa pedagang Pasar Senen, Jakarta Pusat, menerima sejumlah uang dari seorang perempuan misterius. Lebih mengejutkan lagi, jumlah yang diterima tidak sedikit, mencapai ratusan ribu rupiah.
Entah mimpi apa Aryo (28) malam itu. Tiga bulan menjelang bulan puasa, seorang perempuan kisaran usia 30 tahunan tiba-tiba saja memberikan sejumlah uang kepadanya. Jumlahnya Rp 400 ribu.
“Perempuan itu pakai kerudung, enggak tahu kenapa tiba-tiba saya dikasih uang Rp 400 ribu,” kisah pedagang seprei Pasar Senen itu.
Ia pun mengaku terkejut dengan pemberian tersebut. Bukan saja jumlah uang yang setara dengan penghasilannya berdagang seprei sehari. Namun, ia terkejut karena tidak mengenal sama sekali sosokperempuan tersebut.
Saat memberikan uang tersebut, tuturnya, perempuan misterius hanya memintanya mengambil pemberian tersebut. “Ngelihat duit segitu, ya saya ambil saja,” katanya.
Leni, pedagang nasi di lantai 3 Pasar Senen juga menyaksikan sosok perempuan yang dikisahkan Aryo. Perempuan itu, kata Leni, kerap berkeliling di lantai 3 untuk membagi-bagikan uang.
“Saya enggak tahu kalau di sini ada yang terima, yang jelas dia bawa duit
kayaknya banyak banget, gepokan seratus ribuan,” ujarnya.

FOTO ABG TELLER SETELAH PESTA

Menurut Hurlock (1981) remaja adalah mereka yang berada pada usia 12-18 tahun. Monks, dkk (2000) memberi batasan usia remaja adalah 12-21 tahun. Menurut Stanley Hall (dalam Santrock, 2003) usia remaja berada pada rentang 12-23 tahun. Berdasarkan batasan-batasan yang diberikan para ahli, bisa dilihat bahwa mulainya masa remaja relatif sama, tetapi berakhirnya masa remaja sangat bervariasi. Bahkan ada yang dikenal juga dengan istilah remaja yang diperpanjang, dan remaja yang diperpendek.
Remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan. Statemen ini sudah dikemukakan jauh pada masa lalu yaitu di awal abad ke-20 oleh Bapak Psikologi Remaja yaitu Stanley Hall. Pendapat Stanley Hall pada saat itu yaitu bahwa masa remaja merupakan masa badai dan tekanan (storm and stress) sampai sekarang masih banyak dikutip orang.
Menurut Erickson masa remaja adalah masa terjadinya krisis identitas atau pencarian identitas diri. Gagasan Erickson ini dikuatkan oleh James Marcia yang menemukan bahwa ada empat status identitas diri pada remaja yaitu identity diffusion/ confussion, moratorium, foreclosure, dan identity achieved (Santrock, 2003, Papalia, dkk, 2001, Monks, dkk, 2000, Muss, 1988). Karakteristik remaja yang sedang berproses untuk mencari identitas diri ini juga sering menimbulkan masalah pada diri remaja.





HANTU POCONG CIGASONG BIKIN MACET JALAN RAYA




Masih inget sama penampakan hantu anak kecil di Taman Dirgantara Munjul Majalengka beberapa waktu lalu yang membuat geger. Berita kemunculan hantu tersebut sempat menghiasi tren topik di dunia maya bahkan beberapa kali menghiasi layar kaca, Penampakan memang lagi tren, penampakan hantu, UFO, Crop Circle Sleman bahkan penampakan Gayus di beberapa tempat.
Kemarin tgl 27 Januari 2011 dalam perjalanan dari Majalengka menuju Cirebon, perjalanan saya sempat terhambat di Cigasong tepat di depan kantor UPTD TK/SD Kec. Cigasong. Tampak polisi sibuk mengatur lalu lintas. saya berjalan perlahan, saya kira terjadi kecelakaan, karna penasaran saya tanya orang dipinggir jalan, tidak disangka ternyata kerumunan orang tersebut karena ada hantu pocong yang tertangkap kamera.
Tepat di samping jalan raya diseberang kantor UPTD TK/SD Kec. Cigasong terdapat pohon beringin yang cukup besar dan tampaknya sudah cukup tua, disanalah penampakan pocong itu tertangkap kamera. beberapa menit saya berhenti dan mencoba memotret ke arah pohon tersebut seperti yang dilakukan orang-orang yang berkerumun disana dengan harapan bisa mendapatkan penampakan baru, tapi hasilnya nihil, rupanya hantu pocong ogah di photo dua kali.

BENTROK MESIR : SEORANG WARTAWAN TEWAS

video


Kairo: Seorang wartawan Mesir tewas dalam bentrokan antara massa pro-Mubarak dengan warga antipemerintah di Kairo. Korban bernama Mohammed Ahmed Mahmud itu tewas setelah empat hari kritis terkena tembakan.

Menurut rekannnya, jurnalis surat kabar Al-Taawun itu tertembus peluru penembak gelap saat mengambil gambar di dekat Tahrir Square. Mahmud merupakan jurnalis pertama yang tewas sejak krisis politik memanas di Mesir.

Sementara itu, dua jurnalis Prancis dilaporkan hilang saat meliput unjuk rasa pada Kamis (3/2). Keduanya merupakan reporter televisi berbayar Prancis, Canal Plus.

TEMUAN ILMIAH : BAYAM BIKIN KUAT ALA POPEYE

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Cara yang dilakukan tokoh pelaut dalam film kartun, Popeye untuk menjadikan tubuhnya kuat melalui konsumsi bayam dibenarkan secara ilmiah. Sebuah studi terbaru mengatakan konsumsi bayam dalam sehari membuat kinerja otot tubuh efisien.

Disebutkan dalam studi itu mengkonsumsi 300 gram sayuran bayam mengurangi 5 persen oksigen yang diperlukan tubuh ketika berolahraga. Tak tanggung efek itu akan berlangsung selama tiga hari.

"Rahasianya bukan zat besi tetapi nitrat alami yang terkandung dalam sayuran," ungkap Dr Eddie Weitzberg, peneliti asal Karolinska Institutet, Swedia seperti dikutip dari Telegraph.co.uk,  pekan ini. Witzberg menjelaskan senyawa nitrat yang terkandung dalam bayam membuat mitokondria, semacam mesin dalam sel, bekerja secara efisien.

 "Boleh dibilang, bayam serupa dengan zat adiktif bagi otot anda," ungkapnya. Karena efeknya yang luar biasa, Witzberg menyarankan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi senyawa nitrat alam yang terdapat dalam sepiring bayam setiap hari.

Kini, peneliti tengah memikirkan untuk menyisipkan senyawa nitrat ke dalam berbagai sayuran guna menghasilkan energi yang lebih besar. Sejauh ini, peneliti belum menemukan sayuran hijau sejenis yang memiliki kadar nitrat alami seperti bayam.

"Kami tahu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan mencegah resiko penyakit kardiovaskular dan diabetes, namun terkait nutrien apa yang memberikan efek demikian belum juga diketahui," paparnya.

Dari riset sebelumnya,  Weitzberg dan kolegnya Jon Lundberg menyimpulkan konsumsi nitrat alami mendukung oksidasi nitrat pada bakteria baik dalam tubuh manusia. Selanjutnya, nitrat juga membuat fungsi mitokondria semakin efisien dalam bekerja.

Popeye merupakan tokoh kartun yang cukup populer hingga kini. Tokoh kartun yang muncul pertama kali pada 1930 ini secara tidak langsung mengkampanyekan konsumsi bayam pada anak-anak. Rupanya penelitian terkait bayam membenarkan cara yang dilakukan Popeye yakni; bila ingin tubuh menjadi kuat maka konsumsilah bayam.

RITUAL SIHIR BAPAK MAKAN ANAKNYA YANG BARU LAHIR


REPUBLIKA.CO.ID,MELBOURNE--Warga dari sebuah kota pertambangan di Papua Nugini mengatakan, mereka telah menemukan seorang pria berlatar belakang pengguna obat obatan diduga memakan anaknya yang baru lahir dalam sebuah ritual sihir. Kepolisian mengatakan warga di wilayah pinggiran kota Tabubil, Provinsi Barat, terbangun pada Kamis akibat suara jerit tangis bayi itu.

Setelah mengetahui bahwa sang ayah memakan anaknya, sekelompok massa mengamuk dan mengejar pria tersebut sampai ke kantor polisi, tempat ia ditahan setelah melalui perjuangan yang singkat. Kepolisian mengatakan penemuan mereka gagal menyelamatkan nyawa bayi itu, yang meninggal akibat luka yang dideritanya.

Komandan Kepolisian Tabubil Demas Tapea mengatakan petugas kepolisan telah menahan seorang pria dan istrinya untuk ditanyai sejumlah pertanyaan. "Hal itu merupakan insiden yang sangat memprihatinkan," kata Sersan Tapea. "Masyarakat kecewa dan marah namun mereka juga takut serta khawatir karena ada kepecayaan terhadap sihir atau ilmu hitam," katanya.

Sersan Tapea mengatakan tersangka utama telah dikenal kepolisian. "Para penduduk setempat mengatakan pria itu melakukan ritual sihir, atau upaya untuk meningkatkan ilmu menjadi sakti," katanya.

Tape juga mengatakan tersangka memiliki catatan sejarah panjang tentang penggunaan obat bius dan ia tidak terkejut bila hal semacam itu terjadi padanya. "Beberapa tahun lalu ia menjadi gila yang diduga akibat obat-obatan," katanya.

Pada 2009, diperkirakan sekitar 50 orang terbunuh dalam pembunuhan terkait sihir karena kematian yang mendadak atau tidak masuk akal dalam sebuah komunitas masyarakat tertutup.
Sejumlah misi Kristiani dan pemerintah Australia untuk wilayah Papua Nugini, bersama dengan otoritas Papua Nugini, telah mengerahkan segala upaya yang mereka bisa untuk mengakhiri kepercayaan terhadap sihir, namun hal itu tetap bertahan.

20 MAHASISWA INDONESIA DI SERGAP MILITER MESIR


Kabar menyedihkan mencuat dari mahasiswa RI yang kini masih berada di Mesir. Para mahasiswa yang belum dievakuasi oleh pemerintah RI ini, pada Sabtu (5/2/2011) sore sekitar pukul 17.00 WIB, disergap dan diangkut oleh militer Mesir.

Tak hanya itu,para mahasiswa yang berjumlah sekitar 20 orang tersebut juga ditodong dengan senjata oleh militer Mesir.

Peristiwa ini terjadi di aparetemen Mahasiswa RI yang berada di distrik Toub Romly ,Kairo, Mesir.

Bisyri Ikhwan, salah satu mahasiswa Mesir yang tinggal di apartemen tersebut, kepada Tribunnews.com, mengaku menjadi satu dari tiga mahasiswa RI yang kemudian dibawa militer Mesir.

"Saya ikut disergap bersama 19 teman-teman saya. Namun, hanya bertiga yang kemudian dibawa militer Mesir," ujar Bisyri melalui surat elektronik kepada Tribunnews.com. Ketika itu, para mahasiswa Indonesia ini sedang packing untuk evakuasi pulang ke tanah air.

Ceritanya, militer Mesir yang mendatangi apartemennya berjumlah satu kompi, lengkap dengan senjata laras panjang. Beberapa barang-barang yang sudah dikemas untuk evakuasi ke Indonesia, juga digeledah militer Mesir.

Tiga dari 20 mahasiswa RI, kemudian diangkut ke markas militer Mesir di Ma'hat Harb Elektronia. setelah diinterogasi sekitar 30 menit, ketiga mahasiswa Indonesia ini kemudian dilepaskan karena tidak terbukti menjarah.

MALAYSIA TERANCAM BANGKRUT?

Kelompok oposisi mengklaim bahwa pemerintah Malaysia berada di ambang kebangkrutan setelah memiliki tunggakan hutang yang cukup besar. Demikian dilansir The Star, Sabtu (4/2/2011).

Namun, hal itu dibantah oleh Presiden MCA Datuk Seri Dr Chua Soi Lek dengan mengatakan jika defisit GDP mencapai rasion 5,4 persen. "Untuk negara-negara seperti Yunani mencapai defisit GDP mencapai 12 persen," katanya saat menjadi tuan rumah open house perayaan Imlek.

Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan ia berjanji akan mengurangi defisit hingga 5,2 persen. Dr Chua mengatakan dengan tegas bahwa pemerintah tidak menghadapi masalah kebangkrutan terkait dengan menguatnya ringgit Malaysia terutama dengan makin besarnya investasi luar negeri tahun lalu.

"Penguatan mata uang kita dengan investasi yang masuk tidak akan terjadi jika negara bangkrut atau menghadapi bangkrut," jelas Chua.