Satu setengah abad lalu, Sylvester Howard Roper merancang sepeda motor pertamanya. Tepat 1860, hasil karya Howard bisa ditampilkan pada pameran-pameran sirkus di Amerika Serikat bagian timur.
Lalu pada perang dunia kedua, Eropa berjasa banyak dengan mempopulerkan sepeda motor. Saat itu, motor digunakan sebagai transportasi cepat dan simpel. Teknologi pun semakin berkembang. Sepeda motor terus diciptakan lebih kuat dan lebih cepat. Bahkan salah satu motor produksi Dodge, bisa melesat di atas 600 km per jam.
Belakangan, pabrikan motor tak hanya bersaing pada kecepatan dan kekuatan. Mereka juga bersaing dalam keunikan. Karena itu, harganya bisa melambung tinggi. Berikut daftar sepeda motor termahal di dunia versi Most Expensive Journal mulai dari yang paling murah.
1. MV-Augusta F4CC
Sepeda motor ini diciptakan Claudio Castiglioni, direktur MV. Dia ingin menciptakan sepeda motor spektakuler yang memenuhi kebutuhan sekaligus sebagai sesuatu yang unik. Sepeda motor dengan harga US$120 ribu atau sekitar Rp1,08 miliar ini bisa melesat 315 kilometer per jam.
Motor ini dilengkapi dengan mesin 1.078 cc dan yang bisa menghasilkan 198 tenaga kuda. F4CC hanya dibuat 100 unit dengan setiap sepeda motor memiliki nomor seri di piringan platina di dekat pengemudi.
Motor ini dibandrol US$150 ribu atau Rp1,35 miliar. Setara dengan mahalnya, motor ini bisa melesat cepat. MTT Turbine dikenal sebagai Y2K Turbine Superbike yang pernah menerima penghargaan Guinness World Record sebagai motor paling kuat dan pernah diproduksi masal.
Mesin turbin dibuat oleh Rolls Royce dan mampu mengeluarkan tenaga lebih dari 300 hp (tenaga kuda). Motor ini juga menawarkan kerangka serat karbon, di bagian belakang dipasang kamera dengan layar warna LCD, detektor radar depan dan belakang dilengkapi laser, satu sentuhan pengapian Smart Start, dan banyak perangkat keren lain. Motor ini cukup populer di Hollywood. MTT Turbine pernah membintangi film Torque.
3. Icon Sheene
Motor seharga US$160 ribu atau Rp1,44 miliar ini dibuat oleh Andrew Morris sebegai penghormatan terhadap juara Grand Prix legendaris, Barry Sheene, yang meninggal pada 2003.
Menggunakan mesin turbocharged 1400cc, sepeda motor ini bisa menghasilkan tenaga 250 hp. Motor ini akan dilukis oleh pelukis helm Sheene, Mike Fairholme. Masing-masing motor akan dipesan lebih dulu, disesuaikan dengan keinginan pembeli.
4. Sepeda motor konsep Macchia Nera
Meski ini konsep, Macchia dihargai US$201 ribu atau sekitar Rp1,8 miliar. Motor ini dibangun menggunakan mesin Ducati 998RS. Desainer sepeda motor Italia, khusus membuat Macchia yang cantik dan indah, namun sederhana. Mesin Testastretta dilengkapi dengan paduan logam ringan, seperti titanium dan aluminium, sehingga sangat ringan.
5. Ecosse Titanium Series RR Limited Edition
Motor ini dibandrol US$275 ribu atau Rp2,5 miliar. Ecosse Titanium memiliki chassis titanium dengan kerangka dilapisi serat karbon. Fitur mesin menggunakan bahan bakarinjeksi, intercooler, supercharged 2.150 cc dan mampu menghasilkan tenaga 200 hp.
Sadel motor ini ergonomis dan dapat disesuaikan dengan selera. Motor ini juga dilengkapi arloji yang dirancang oleh pembuat jam Prancis, BRM. Arloji ini berseri sama dengan motor yang hanya diproduksi 10 unit.
6. Dodge Tomahawk V10 Superbike
Dibandrol US$555 ribu atau Rp5 miliar, Dodge Tomahawk direproduksi dari motor konsep Dodge. Motor ini hanya diproduksi 10 unit dan ditawarkan pada Natal 2003. Dodge Tomahawk Superbike V10 menggunakan mesin 8,3 liter dan 10 silinder. Tak heran bila motor ini bisa melesat 640 km per jam. Sedangkan akselerasi 0-100 km per jam bisa ditempuh dalam 2,5 detik.
Sabtu, 16 Oktober 2010
10 TEROWONGAN TERPANJANG
Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir. Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.
Meski akan menjadi pemegang rekor baru, Gotthard Base Tunnel yang menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa baru mulai beroperasi pada tahun 2017 mendatang.
Lalu, siapakah pemegang rekor sebelumnya? Mau tahu sembilan terowongan terpanjang di dunia setelah Swiss? Simak daftar berikut ini:
1. Nama terowongan: Metro Madrid L-7: Hospital del Henares - Pitis
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 32,919 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1974-2007
Dibuka pada tahun 1974, Line 7 menghubungkan Pueblo Nuevo dan Las Musas. Kemudian terowongan tersebut diperpanjang dari Pueblo Nuevo ke Avenida de America beberapa tahun kemudian. Kini ia melayani sembilan kereta api bawah tanah dari Las Musas ke San Fernando.
2. Nama terowongan: Lötschberg Base Tunnel
Lokasi: Bernese Alps, Swiss
Panjang: 34,577 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 2007
Menjadi terowongan terpanjang di Swiss sebelum Gotthard Base Tunnel dibangun. Namun, ia tetap dipredikatkan sebagai terowongan terpanjang di atas tanah.
3. Nama terowongan: Medvedkovo - Novoyasenevskaya (line 6)
Lokasi: Moskow, Rusia
Panjang: 37,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1958-1990
Terowongan tertua kedua di dunia sekaligus terowongan kereta cepat (rapid transit) terpanjang kedua dunia. Sampai saat ini, Line 6 memiliki 25 stasiun.
4. Nama terowongan: Tocho-mae - Shiodome - Hikarigaoka (Toei Oedo Line)
Lokasi: Tokyo, Jepang
Panjang: 40,700 meter
Tipe Metro
Waktu pembangunan: 1991-2000
Terowongan bawah tanah yang melayani jalur subway di Ibukota Jepang. Menginjak usia 10 tahun, Toei Oedo Line hari ini melayani 38 stasiun dari Tochomae hingga ke Hikarigaoka.
5. Nama terowongan: Metro Madrid L-12
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 40,900 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1999-2003
Line-12 menghubungkan lima kota pinggiran dan satu desa kecil di bagian selatan Madrid. Melewati 28 stasiun, Metro Sur (sebutan untuk Line-12 -red.) berencana untuk melayani dua stasiun lagi dalam beberapa tahun.
Nama terowongan: Altufyevo - Bulvar Dmitriya Donskogo (line 9)
Lokasi: Moskow, Metro
Panjang: 41,500 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1983-2002
Dibuka pada tahun 1983 dan terus dibangun hingga tahun 2002. Kini, terowongan terpanjang di Rusia itu menangani 25 stasiun di Moskow.
7. Nama terowongan: Seoul Subway: Line 5
Lokasi: Seoul, Korea Selatan
Panjang: 47,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1995
Terowongan tipe metro terpanjang di dunia. Di sini, Anda bisa antarkan dari Banghwa sampai Sangil-dong dengan jarak 47,6 kilometer, tanpa sinar matahari dan melewati bawah sungai Han.
8. Nama terowongan: Channel Tunnel
Lokasi: Inggris – Prancis
Panjang: 50,450 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1994
Terowongan terpopuler di dunia. Karena, ada banyak predikat untuk terowongan yang satu ini. Selain terowongan bawah air terpanjang di dunia, Channel Tunnel juga layak disebut terowongan internasional terpanjang. Ia melayani rute dari Folkestone (Inggris) sampai ke Coquelles (Prancis).
9. Nama terowongan: Seikan Tunnel
Lokasi: Tsugaru Strait, Jepang
Panjang: 53,850 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1988
Sementara ini, Seikan masih menjadi terowongan terpanjang di dunia. Sama halnya dengan Channel, terowongan ini juga dibangun di bawah air laut. Ia melayani rute dari Honshu hingga ke Hokkaido. Di balik kemegahannya, Seikan memakan 34 korban tewas dalam pembangunannya yang disebabkan sulitnya kondisi geologi di bawah Tsugaru Strait.
10. Nama terowongan: Gotthard Base Tunnel
Lokasi: Alps, Swiss
Panjang: 57,104 meter
Tipe: Railway
Waktu pembangunan: 1996-2010 (belum beroperasi)
Baru dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017. Gotthard Base akan melayani rute Erstfeld hingga ke Bodio dengan kereta api. Belum tahu ada berapa stasiun yang akan dilaluinya. Namun, dipastikan kereta yang akan melayani warga Swiss berkecepatan 250 km/jam.
10. Jembatan SEVEN MILE. Di daerah Florida Keys, Amerika Serikat. Panjangnya 10,93 km.
9. Jembatan San Mateo-Hayward. Di daerah San Francisco, Amerika Serikat. Panjangnya 11,2 km.
8. Jembatan Confederation. Di daerah New Brunswick, Canada. Panjangnya 12,9 km.
7. Jembatan Rio-Niteroi Bridge. Di daerah Rio de Janeiro, Brazil. Panjangnya 13,3 km.
6. Jembatan Penang. Di Malaysia. Panjangnya 13,5 km.
5. Jembatan Vasco da Gama. Di Lisbon, Portugal. Panjangnya 17,2 km.
4. Jembatan Chesapeake Bay. Di negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Panjangnya 7 km.
3. Jembatan King Fahd. Di Saudi Arabia dan Bahrain. Panjangnya 12,4 km
2. Jembatan Donghai. Di Shanghai dan Yangshan, Cina. Panjangnya 32,5 km.
1. Jembatan Lake Pontchartrain. Di negara bagian selatan Louisiana, Amerika Serikat. Panjangnya 38,42 km.
5 NEGARA SUPER MAKMUR DI DUNIA
SINGAPUR MARINA BAY SANDS
Sebanyak lima negara menempati posisi teratas yang memiliki populasi dengan tingkat kekayaan tertinggi di dunia.
Itu tertuang dalam laporan "Credit Suisse Global Wealth Report" yang baru saja dipublikasikan oleh lembaga riset finansial top, Credit Suisse Insitute dari kantor pusatnya di Swiss.
Menurut laporan tersebut, lima negara yang menduduki posisi teratas dengan kekayaan rata-rata di atas US$250 ribu atau Rp2,3 miliar per orang. Kelima negara itu adalah Swiss, Norwegia, Australia, Singapura dan Prancis.
Sedangkan, negara dengan kekuatan ekonomi lebih besar seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris dan Kanada rata-rata kekayaan penduduknya sekitar US$200 ribu per orang dewasa.
Berikut ini perincian kelima negara dengan rata-rata penduduk super makmur di dunia tersebut.
1.SWISS
Swiss menempati posisi teratas sebagai negara dengan penduduk dengan rata-rata kekayaan tertinggi di dunia, yakni sebesar US$372 ribu per orang dewasa. Bahkan, dari total 6 juta orang dewasa, sebanyak 230 ribu orang di antaranya memiliki harta rata-rata lebih dari US$1 juta. Sedangkan, total produk domestik bruto (PDB) per orang dewasa sebesar US$88,5 ribu.
Kebanyakan orang-orang tajir di Swiss menempatkan kekayaannya dalam bentuk 43-an persen berupa non finansial aset seperti properti, sedangkan 57 persen berupa instrumen investasi keuangan.
Kebanyakan orang-orang tajir di Swiss menempatkan kekayaannya dalam bentuk 43-an persen berupa non finansial aset seperti properti, sedangkan 57 persen berupa instrumen investasi keuangan.
2.NORWEGIA
Norwegia menempati posisi kedua sebagai rumah bagi penduduk yang memiliki kekayaan rata-rata tertinggi di dunia. Norwegia seperti halnya Denmark, Finlandia dan Swedia yang merupakan negara dengan populasi rata-rata berpenghasilan tinggi di dunia. Kekayaan warga Norwagia rata-rata melebihi warga Australia sebesar US$321 ribu, namun masih di bawah Swiss US$372 ribu setiap orang dewasa.
3.AUSTRALIA
Australia menempati urutan ketiga dari sisi kekayaan penduduk dewasa, rata-rata sebesar US$321 ribu per orang dewasa. Kekayaan orang Australia kebanyakan atau 64 persen dalam bentuk properti, yakni sekitar US$261 ribu. Total kekayaan 16 juta populasi dewasa Australia sebanyak US$5,1 triliun.
Sebanyak 740 ribu orang Australia juga tergolong jutawan, yang memiliki harta lebih dari US$1 juta. Ini menempatkan negeri Kanguru tersebut menyumbang 3 persen dari total jutawan seluruh dunia. Di Australia, tidak ada penduduk yang memiliki kekayaan di bawah US$1000.
Sebanyak 740 ribu orang Australia juga tergolong jutawan, yang memiliki harta lebih dari US$1 juta. Ini menempatkan negeri Kanguru tersebut menyumbang 3 persen dari total jutawan seluruh dunia. Di Australia, tidak ada penduduk yang memiliki kekayaan di bawah US$1000.
4.SINGAPUR
Kekayaan keluarga di Singapura mengalami pertumbuhan signifikan dalam satu dekade dari rata-rata US$105 ribu menjadi sekitar US$255 ribu pada 2010. Ini menempatkan Singapura berada di posisi keempat sebagai negara dengan dengan tingkat kekayaan tertinggi per orang dewasa. Harta mereka umumnya disimpan dalam bentuk separoh berupa properti dan separoh lagi dalam bentuk instrumen finansial, seperti deposito, saham dan instrumen finansial lainnya.
Hanya 2,4 persen dari orang dewasa Singapura yang berjumlah 4 juta orang yang memiliki kekayaan di bawah US$1000 per orang. Mayoritas atau 54 persen memiliki harta di kisaran US$10.000-100.000 per orang dewasa. Sedangkan, yang memiliki harta lebih dari US$100 ribu berjumlah lebih dari 20,8 persen populasi orang dewasa. Total kekayaan warga Singapura sebesar US$0,9 triliun.
Hanya 2,4 persen dari orang dewasa Singapura yang berjumlah 4 juta orang yang memiliki kekayaan di bawah US$1000 per orang. Mayoritas atau 54 persen memiliki harta di kisaran US$10.000-100.000 per orang dewasa. Sedangkan, yang memiliki harta lebih dari US$100 ribu berjumlah lebih dari 20,8 persen populasi orang dewasa. Total kekayaan warga Singapura sebesar US$0,9 triliun.
5.PERANCIS
Jumlah orang kaya di Prancis tumbuh signifikan sejak tahun 2000. Rata-rata kekayaan warga Prancis mencapai US$255 ribu per orang dewasa sehingga menempatkan Prancis dalam posisi kelima di dunia. Total kekayaan 47 juta orang dewasa Prancis mencapai US$12,1 triliun.
Sebagian besar kekayaan mereka disebabkan oleh apresiasi nilai tukar Euro terhadap dolar. Namun, kenaikan harga aset-aset properti turut menyumbang 2/3 kekayaan warga Prancis. Sebanyak 2,2 juta warga Prancis tergolong jutawan yang memiliki harta lebih dari US$1 juta per orang.
Sebagian besar kekayaan mereka disebabkan oleh apresiasi nilai tukar Euro terhadap dolar. Namun, kenaikan harga aset-aset properti turut menyumbang 2/3 kekayaan warga Prancis. Sebanyak 2,2 juta warga Prancis tergolong jutawan yang memiliki harta lebih dari US$1 juta per orang.
MENURUT RISET TERNYATA TEMPE DAPAT MENGOBATI DIARE
Makanan Tempe ternyata bisa mengatasi diare. Produk dari kacang kedelai ini mengandung bahan-bahan tertentu yang bisa mencegah bakteri penjangkit penyakit menempel di dinding usus.
Demikian hasil penelitian mikrobiolog pangan dari Universitas Wageningen, Belanda Petra Roubos. Menurut Roubos, Tempe adalah 'semacam kue kacang kedelai yang berjamur dan beragi'. Sejumlah kalangan sudah lama menyatakan tempe dapat mengobati diare.
Roubos ingin membuktikan apakah hal itu benar. Ia memasukkan sepotong tempe pada sel-sel usus yang sudah dibiakkan. Ternyata tempe mampu mempersulit bakter penjangkit penyakit menempel di sel-sel tersebut. Menempelnya bakteri adalah stadium awal infeksi yang menyebabkan diare.
ANTREAN, DEMI KOPI DARI INDONESIA DI LONDON
LONDON, Minuman kopi Indonesia salah satu kuliner Indonesia yang disajikan dalam acara UN Day Reception 2010 di Oslo. Gelaran itu dihadiri 44 perwakilan negara-negara asing yang ada di Oslo, Norwegia.
Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo Febby Fahrani dalam keterangannya kepada Antara London, Sabtu (16/10/2010) mengatakan, KBRI Oslo menyuguhkan minuman kopi di antara kuliner Indonesia bagi sekitar 300 tamu yang hadir dalam resepsi peringatan hari lahir Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB yang secara rutin diselenggarakan oleh organisasi International Forum di Oslo.
Diharapkannya dari kecintaan akan aneka masakan Indonesia, keinginan untuk lebih mengenal Indonesia secara menyeluruh dapat terus ditumbuhkan, dan pada akhirnya akan mempererat jalinan hubungan dan kerja sama Indonesia-Norwegia.
Dalam acara UN Day Reception 2010 ini, KBRI Oslo menyajikan jamuan kopi hangat serta kudapan khas Indonesia, seperti onde-onde, pisang goreng keju, bolu pandan, kembang goyang, dan keripik pisang.
Kue-kue khas tersebut tak kalah pamor dengan makanan khas yang diusung perwakilan asing seperti sushi dari Jepang, samosa dari Pakistan, salmon dari Norwegia atau keju dari Belanda. "Animo para tamu terhadap suguhan kuliner Indonesia sangat tinggi," ujar Febby Fahrani.
Hal tersebut terlihat dari antrean untuk memperoleh hidangan khas Indonesia tersebut serta pertanyaan yang diajukan mengenai pembuatan hidangan serta kemudahan memperoleh bahan makanan Indonesia di Norwegia.
Para tamu yang hadir dalam resepsi di Benteng Akershus yang dibangun pada tahun 1290 tersebut juga disuguhkan pula dengan informasi mengenai pariwisata Indonesia dalam bentuk leaflet dan brosur.
Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo Febby Fahrani dalam keterangannya kepada Antara London, Sabtu (16/10/2010) mengatakan, KBRI Oslo menyuguhkan minuman kopi di antara kuliner Indonesia bagi sekitar 300 tamu yang hadir dalam resepsi peringatan hari lahir Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB yang secara rutin diselenggarakan oleh organisasi International Forum di Oslo.
Diharapkannya dari kecintaan akan aneka masakan Indonesia, keinginan untuk lebih mengenal Indonesia secara menyeluruh dapat terus ditumbuhkan, dan pada akhirnya akan mempererat jalinan hubungan dan kerja sama Indonesia-Norwegia.
Dalam acara UN Day Reception 2010 ini, KBRI Oslo menyajikan jamuan kopi hangat serta kudapan khas Indonesia, seperti onde-onde, pisang goreng keju, bolu pandan, kembang goyang, dan keripik pisang.
Kue-kue khas tersebut tak kalah pamor dengan makanan khas yang diusung perwakilan asing seperti sushi dari Jepang, samosa dari Pakistan, salmon dari Norwegia atau keju dari Belanda. "Animo para tamu terhadap suguhan kuliner Indonesia sangat tinggi," ujar Febby Fahrani.
Hal tersebut terlihat dari antrean untuk memperoleh hidangan khas Indonesia tersebut serta pertanyaan yang diajukan mengenai pembuatan hidangan serta kemudahan memperoleh bahan makanan Indonesia di Norwegia.
Para tamu yang hadir dalam resepsi di Benteng Akershus yang dibangun pada tahun 1290 tersebut juga disuguhkan pula dengan informasi mengenai pariwisata Indonesia dalam bentuk leaflet dan brosur.
AWAN PANAS ANCAM WARGA SEKITAR GUNUNG MERAPI
JAKARTA- Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandriyo, mengatakan awan panas masih menjadi ancaman utama bagi warga yang tinggal dekat dengan Gunung Merapi.
"Status gunung Merapi saat ini masih waspada dan awan panas masih menjadi ancaman dan kita minta agar masyarakat selalu waspada terhadap aktivitas Gunung Merapi,"katanya saat dihubungi okezone, Sabtu (16/10/2010).
Tidak hanya itu saja, ia juga meminta masyarakat tidak melakukan aktivitas penambangan di sekitar sungai yang berhulu ke Gunung Merapi. Namun demikian ia mengaku belum melihat secara visual gejala tersebut. Begitupula kapan letusan Gunung Merapi itu akan terjadi. Akan tetapi ia menjelaskan sejauh ini setip harinya terjadi gempa vulkanik sebanyak 200 kali.
Untuk mengetahui kapan letusan akan terjadi, ia masih menggunakan metode-metode yang menjadi acuan kegunungan dan bukan berdasarkan pada gejala alam lainnya seperti tingkah laku hewan.
Dan untuk menghindari adanya korban pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk mensosialisasikan sarana dan prasarana. "Kami juga melakukan kerjasama dengan LSM yang khusus menangani masalah penanggulangan bencana,"pungkasnya.(crl)
Tambang Meledak, 20 Tewas 17 Terjebak
Sebuah ledakan terjadi di sebuah tambang batubara di China pada Sabtu 16 Oktober 2010 pagi. Ledakan gas ini menewaskan 20 pekerja, sementara 17 lainnya terperangkap di bawah tanah.
Ledakan tambang ini terjadi hanya selang beberapa hari setelah dunia terkesima dengan penyelamatan 33 penambang yang terjebak selama 69 hari di bawah tanah.
Belum diketahui sedalam apa 17 orang itu terjebak di tambang di Provinsi Henan itu, 690 kilometer di selatan Beijing. Seorang bermarga Li dari otoritas keamanan kerja negara itu mengatakan ledakan terjadi pada pukul 6.00 di tambang milik pemerintah itu.
China Central Television awalnya melaporkan lebih dari 30 orang terjebak dan 20 terbunuh. Namun Li kemudian menyebut yang terperangkap termasuk yang meninggal dunia.
Tambang yang meledak ini milik Pingyu Coal & Electric Co, sebuah perusahaan negara. Industri tambang batubara di negeri ini memang terkenal paling berbahaya di dunia. Tahun lalu, lebih dari 2.600 orang tewas di pertambangan.
Pemerintah China telah menutup lebih dari 1.600 penambangan kecil ilegal tahun ini sebagai upaya meningkatkan standar keamanan kerja. Namun, diperkirakan masih banyak tambang ilegal beroperasi mengingat kebutuhan yang besar dari negeri ini untuk bahan bakar.
SWISS GALI TROWONGAN TERPANJANG DI DUNIA
Para pekerja galian terowongan di Sedrun, Swiss, bersorak riang sembari menyalakan kembang api. Mereka merayakan sukses pengeboran terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia. Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir.
Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.
"Terowongan ini adalah masa depan. Resiko kami tanggung bersama," kata Menteri Transportasi Swiss, Moritz Swiss Leuenberger.
Stasiun-stasiun televisi di Eropa menayangkan secara langsung peristiwa ini. Tak main-main, megaproyek ini dibangun melalui persetujuan rakyat Swiss melalui referendum 20 tahun lalu.
Pengerjaannya melibatkan sekitar 2.500 pekerja. Dieter Meyer, seorang warga Jerman, mengaku kagum atas terobosan ambisius ini. Swiss adalah sebuah negara kecil yang berpenduduk kurang dari 8 juta orang.
"Terowongan ini adalah masa depan. Resiko kami tanggung bersama," kata Menteri Transportasi Swiss, Moritz Swiss Leuenberger.
Stasiun-stasiun televisi di Eropa menayangkan secara langsung peristiwa ini. Tak main-main, megaproyek ini dibangun melalui persetujuan rakyat Swiss melalui referendum 20 tahun lalu.
Pengerjaannya melibatkan sekitar 2.500 pekerja. Dieter Meyer, seorang warga Jerman, mengaku kagum atas terobosan ambisius ini. Swiss adalah sebuah negara kecil yang berpenduduk kurang dari 8 juta orang.
Konsep konstruksi Gotthard Base Tunnel disusun pertama kali pada tahun 1947 oleh insinyur Eduard Gruner. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan Swiss pada negara-negara tetangganya, khususnya di sektor kereta api berkecepatan tinggi lintas Eropa. Terowongan ini diyakini akan membalikkan kondisi itu. (Associated Press)
10.TEROWONGAN TERPANJANG DI DUNIA
Rekor baru kembali tercatat. Kali ini datang dari Swiss. Salah satu negara tertua di Eropa itu baru saja merayakan suksesnya pengeboran terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia.
Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir. Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.
Meski akan menjadi pemegang rekor baru, Gotthard Base Tunnel yang menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa baru mulai beroperasi pada tahun 2017 mendatang.
Lalu, siapakah pemegang rekor sebelumnya? Mau tahu sembilan terowongan terpanjang di dunia setelah Swiss? Simak daftar berikut ini:
1. Nama terowongan: Metro Madrid L-7: Hospital del Henares - Pitis
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 32,919 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1974-2007
Dibuka pada tahun 1974, Line 7 menghubungkan Pueblo Nuevo dan Las Musas. Kemudian terowongan tersebut diperpanjang dari Pueblo Nuevo ke Avenida de America beberapa tahun kemudian. Kini ia melayani sembilan kereta api bawah tanah dari Las Musas ke San Fernando.
2. Nama terowongan: Lötschberg Base Tunnel
Lokasi: Bernese Alps, Swiss
Panjang: 34,577 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 2007
Menjadi terowongan terpanjang di Swiss sebelum Gotthard Base Tunnel dibangun. Namun, ia tetap dipredikatkan sebagai terowongan terpanjang di atas tanah.
3. Nama terowongan: Medvedkovo - Novoyasenevskaya (line 6)
Lokasi: Moskow, Rusia
Panjang: 37,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1958-1990
Terowongan tertua kedua di dunia sekaligus terowongan kereta cepat (rapid transit) terpanjang kedua dunia. Sampai saat ini, Line 6 memiliki 25 stasiun.
4. Nama terowongan: Tocho-mae - Shiodome - Hikarigaoka (Toei Oedo Line)
Lokasi: Tokyo, Jepang
Panjang: 40,700 meter
Tipe Metro
Waktu pembangunan: 1991-2000
Terowongan bawah tanah yang melayani jalur subway di Ibukota Jepang. Menginjak usia 10 tahun, Toei Oedo Line hari ini melayani 38 stasiun dari Tochomae hingga ke Hikarigaoka.
5. Nama terowongan: Metro Madrid L-12
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 40,900 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1999-2003
Line-12 menghubungkan lima kota pinggiran dan satu desa kecil di bagian selatan Madrid. Melewati 28 stasiun, Metro Sur (sebutan untuk Line-12 -red.) berencana untuk melayani dua stasiun lagi dalam beberapa tahun.
Nama terowongan: Altufyevo - Bulvar Dmitriya Donskogo (line 9)
Lokasi: Moskow, Metro
Panjang: 41,500 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1983-2002
Dibuka pada tahun 1983 dan terus dibangun hingga tahun 2002. Kini, terowongan terpanjang di Rusia itu menangani 25 stasiun di Moskow.
7. Nama terowongan: Seoul Subway: Line 5
Lokasi: Seoul, Korea Selatan
Panjang: 47,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1995
Terowongan tipe metro terpanjang di dunia. Di sini, Anda bisa antarkan dari Banghwa sampai Sangil-dong dengan jarak 47,6 kilometer, tanpa sinar matahari dan melewati bawah sungai Han.
8. Nama terowongan: Channel Tunnel
Lokasi: Inggris – Prancis
Panjang: 50,450 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1994
Terowongan terpopuler di dunia. Karena, ada banyak predikat untuk terowongan yang satu ini. Selain terowongan bawah air terpanjang di dunia, Channel Tunnel juga layak disebut terowongan internasional terpanjang. Ia melayani rute dari Folkestone (Inggris) sampai ke Coquelles (Prancis).
9. Nama terowongan: Seikan Tunnel
Lokasi: Tsugaru Strait, Jepang
Panjang: 53,850 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1988
Sementara ini, Seikan masih menjadi terowongan terpanjang di dunia. Sama halnya dengan Channel, terowongan ini juga dibangun di bawah air laut. Ia melayani rute dari Honshu hingga ke Hokkaido. Di balik kemegahannya, Seikan memakan 34 korban tewas dalam pembangunannya yang disebabkan sulitnya kondisi geologi di bawah Tsugaru Strait.
10. Nama terowongan: Gotthard Base Tunnel
Lokasi: Alps, Swiss
Panjang: 57,104 meter
Tipe: Railway
Waktu pembangunan: 1996-2010 (belum beroperasi)
Baru dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017. Gotthard Base akan melayani rute Erstfeld hingga ke Bodio dengan kereta api. Belum tahu ada berapa stasiun yang akan dilaluinya. Namun, dipastikan kereta yang akan melayani warga Swiss berkecepatan 250 km/jam.
10.TEROWONGAN TERPANJANG DI DUNIA
Rekor baru kembali tercatat. Kali ini datang dari Swiss. Salah satu negara tertua di Eropa itu baru saja merayakan suksesnya pengeboran terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia.
Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir. Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.
Meski akan menjadi pemegang rekor baru, Gotthard Base Tunnel yang menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa baru mulai beroperasi pada tahun 2017 mendatang.
Lalu, siapakah pemegang rekor sebelumnya? Mau tahu sembilan terowongan terpanjang di dunia setelah Swiss? Simak daftar berikut ini:
1. Nama terowongan: Metro Madrid L-7: Hospital del Henares - Pitis
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 32,919 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1974-2007
Dibuka pada tahun 1974, Line 7 menghubungkan Pueblo Nuevo dan Las Musas. Kemudian terowongan tersebut diperpanjang dari Pueblo Nuevo ke Avenida de America beberapa tahun kemudian. Kini ia melayani sembilan kereta api bawah tanah dari Las Musas ke San Fernando.
2. Nama terowongan: Lötschberg Base Tunnel
Lokasi: Bernese Alps, Swiss
Panjang: 34,577 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 2007
Menjadi terowongan terpanjang di Swiss sebelum Gotthard Base Tunnel dibangun. Namun, ia tetap dipredikatkan sebagai terowongan terpanjang di atas tanah.
3. Nama terowongan: Medvedkovo - Novoyasenevskaya (line 6)
Lokasi: Moskow, Rusia
Panjang: 37,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1958-1990
Terowongan tertua kedua di dunia sekaligus terowongan kereta cepat (rapid transit) terpanjang kedua dunia. Sampai saat ini, Line 6 memiliki 25 stasiun.
4. Nama terowongan: Tocho-mae - Shiodome - Hikarigaoka (Toei Oedo Line)
Lokasi: Tokyo, Jepang
Panjang: 40,700 meter
Tipe Metro
Waktu pembangunan: 1991-2000
Terowongan bawah tanah yang melayani jalur subway di Ibukota Jepang. Menginjak usia 10 tahun, Toei Oedo Line hari ini melayani 38 stasiun dari Tochomae hingga ke Hikarigaoka.
5. Nama terowongan: Metro Madrid L-12
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 40,900 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1999-2003
Line-12 menghubungkan lima kota pinggiran dan satu desa kecil di bagian selatan Madrid. Melewati 28 stasiun, Metro Sur (sebutan untuk Line-12 -red.) berencana untuk melayani dua stasiun lagi dalam beberapa tahun.
Nama terowongan: Altufyevo - Bulvar Dmitriya Donskogo (line 9)
Lokasi: Moskow, Metro
Panjang: 41,500 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1983-2002
Dibuka pada tahun 1983 dan terus dibangun hingga tahun 2002. Kini, terowongan terpanjang di Rusia itu menangani 25 stasiun di Moskow.
7. Nama terowongan: Seoul Subway: Line 5
Lokasi: Seoul, Korea Selatan
Panjang: 47,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1995
Terowongan tipe metro terpanjang di dunia. Di sini, Anda bisa antarkan dari Banghwa sampai Sangil-dong dengan jarak 47,6 kilometer, tanpa sinar matahari dan melewati bawah sungai Han.
8. Nama terowongan: Channel Tunnel
Lokasi: Inggris – Prancis
Panjang: 50,450 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1994
Terowongan terpopuler di dunia. Karena, ada banyak predikat untuk terowongan yang satu ini. Selain terowongan bawah air terpanjang di dunia, Channel Tunnel juga layak disebut terowongan internasional terpanjang. Ia melayani rute dari Folkestone (Inggris) sampai ke Coquelles (Prancis).
9. Nama terowongan: Seikan Tunnel
Lokasi: Tsugaru Strait, Jepang
Panjang: 53,850 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1988
Sementara ini, Seikan masih menjadi terowongan terpanjang di dunia. Sama halnya dengan Channel, terowongan ini juga dibangun di bawah air laut. Ia melayani rute dari Honshu hingga ke Hokkaido. Di balik kemegahannya, Seikan memakan 34 korban tewas dalam pembangunannya yang disebabkan sulitnya kondisi geologi di bawah Tsugaru Strait.
10. Nama terowongan: Gotthard Base Tunnel
Lokasi: Alps, Swiss
Panjang: 57,104 meter
Tipe: Railway
Waktu pembangunan: 1996-2010 (belum beroperasi)
Baru dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017. Gotthard Base akan melayani rute Erstfeld hingga ke Bodio dengan kereta api. Belum tahu ada berapa stasiun yang akan dilaluinya. Namun, dipastikan kereta yang akan melayani warga Swiss berkecepatan 250 km/jam.
Langganan:
Postingan (Atom)