Sabtu, 16 Oktober 2010

SWISS GALI TROWONGAN TERPANJANG DI DUNIA



Para pekerja galian terowongan di Sedrun, Swiss, bersorak riang sembari menyalakan kembang api. Mereka merayakan sukses pengeboran terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia. Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu, saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir.
Panjang terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.

"Terowongan ini adalah masa depan. Resiko kami tanggung bersama," kata Menteri Transportasi Swiss, Moritz Swiss Leuenberger.

Stasiun-stasiun televisi di Eropa menayangkan secara langsung peristiwa ini. Tak main-main, megaproyek ini dibangun melalui persetujuan rakyat Swiss melalui referendum 20 tahun lalu.

Pengerjaannya melibatkan sekitar 2.500 pekerja. Dieter Meyer, seorang warga Jerman, mengaku kagum atas terobosan ambisius ini. Swiss adalah sebuah negara kecil yang berpenduduk kurang dari 8 juta orang.
Konsep konstruksi Gotthard Base Tunnel disusun pertama kali pada tahun 1947 oleh insinyur Eduard Gruner. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan Swiss pada negara-negara tetangganya, khususnya di sektor kereta api berkecepatan tinggi lintas Eropa. Terowongan ini diyakini akan membalikkan kondisi itu. (Associated Press)

10.TEROWONGAN TERPANJANG DI DUNIA












Rekor baru kembali tercatat. Kali ini datang dari Swiss. Salah satu  negara tertua di Eropa itu baru saja merayakan suksesnya pengeboran  terakhir Gotthard Base Tunnel, proyek pembangunan terowongan terpanjang  di dunia.

Kegembiraan itu terjadi pada Jumat 15 Oktober lalu,  saat mata bor raksasa berhasil menembus lapisan terakhir. Panjang  terowongan ini sekitar 57 kilometer. Menelan biaya sekitar US$10 miliar  atau sekitar Rp90 triliun, Gotthard Base Tunnel akan menghubungkan  jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Eropa dan menurut rencana  akan mulai beroperasi pada 2017 mendatang.

Meski akan menjadi  pemegang rekor baru, Gotthard Base Tunnel yang menghubungkan jaringan  kereta api berkecepatan tinggi di Eropa baru mulai beroperasi pada tahun  2017 mendatang.

Lalu, siapakah pemegang rekor sebelumnya? Mau  tahu sembilan terowongan terpanjang di dunia setelah Swiss? Simak daftar  berikut ini: Terowongan Metro Madrid Line 7
1. Nama terowongan: Metro Madrid L-7: Hospital del Henares - Pitis
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 32,919 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1974-2007
Dibuka  pada tahun 1974, Line 7 menghubungkan Pueblo Nuevo dan Las Musas.  Kemudian terowongan tersebut diperpanjang dari Pueblo Nuevo ke Avenida  de America beberapa tahun kemudian. Kini ia melayani sembilan kereta api  bawah tanah dari Las Musas ke San Fernando.

Terowongan Lötschberg Base, Swiss
2. Nama terowongan: Lötschberg Base Tunnel
Lokasi: Bernese Alps, Swiss
Panjang: 34,577 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 2007
Menjadi  terowongan terpanjang di Swiss sebelum Gotthard Base Tunnel dibangun.  Namun, ia tetap dipredikatkan sebagai terowongan terpanjang di atas  tanah.

Terowongan Medvedkovo - Novoyasenevskaya (Line 6), Moskow

3. Nama terowongan: Medvedkovo - Novoyasenevskaya (line 6)
Lokasi: Moskow, Rusia
Panjang: 37,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1958-1990
Terowongan  tertua kedua di dunia sekaligus terowongan kereta cepat (rapid transit)  terpanjang kedua dunia. Sampai saat ini, Line 6 memiliki 25 stasiun.

Terowongan Tocho-mae - Shiodome - Hikarigaoka, Tokyo
4. Nama terowongan: Tocho-mae - Shiodome - Hikarigaoka (Toei Oedo Line)
Lokasi: Tokyo, Jepang
Panjang: 40,700 meter
Tipe Metro
Waktu pembangunan: 1991-2000
Terowongan  bawah tanah yang melayani jalur subway di Ibukota Jepang. Menginjak  usia 10 tahun, Toei Oedo Line hari ini melayani 38 stasiun dari Tochomae  hingga ke Hikarigaoka.

Terowongan Metro Madrid Line 12, Madrid
5. Nama terowongan: Metro Madrid L-12
Lokasi: Madrid, Spanyol
Panjang: 40,900 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1999-2003
Line-12  menghubungkan lima kota pinggiran dan satu desa kecil di bagian selatan  Madrid. Melewati 28 stasiun, Metro Sur (sebutan untuk Line-12 -red.)  berencana untuk melayani dua stasiun lagi dalam beberapa tahun.
Nama terowongan: Altufyevo - Bulvar Dmitriya Donskogo (line 9)
Lokasi: Moskow, Metro
Panjang: 41,500 meter
Tipe: Metro (bawah tanah/ rapid transit)
Waktu pembangunan: 1983-2002
Dibuka  pada tahun 1983 dan terus dibangun hingga tahun 2002. Kini, terowongan  terpanjang di Rusia itu menangani 25 stasiun di Moskow.
Terowongan Seoul Subway: Line 5, Seoul
7. Nama terowongan: Seoul Subway: Line 5
Lokasi: Seoul, Korea Selatan
Panjang: 47,600 meter
Tipe: Metro
Waktu pembangunan: 1995
Terowongan  tipe metro terpanjang di dunia. Di sini, Anda bisa antarkan dari  Banghwa sampai Sangil-dong dengan jarak 47,6 kilometer, tanpa sinar  matahari dan melewati bawah sungai Han.

Terowongan Channel, Inggris - Prancis
8. Nama terowongan: Channel Tunnel
Lokasi: Inggris – Prancis
Panjang: 50,450 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1994
Terowongan  terpopuler di dunia. Karena, ada banyak predikat untuk terowongan yang  satu ini. Selain terowongan bawah air terpanjang di dunia, Channel  Tunnel juga layak disebut terowongan internasional terpanjang. Ia  melayani rute dari Folkestone (Inggris) sampai ke Coquelles (Prancis).

Terowongan Seikan, Jepang
9. Nama terowongan: Seikan Tunnel
Lokasi: Tsugaru Strait, Jepang
Panjang: 53,850 meter
Tipe: Railway (rel kereta)
Waktu pembangunan: 1988
Sementara  ini, Seikan masih menjadi terowongan terpanjang di dunia. Sama halnya  dengan Channel, terowongan ini juga dibangun di bawah air laut. Ia  melayani rute dari Honshu hingga ke Hokkaido. Di balik kemegahannya,  Seikan memakan 34 korban tewas dalam pembangunannya yang disebabkan  sulitnya kondisi geologi di bawah Tsugaru Strait.


Terowongan terpanjang di dunia, Swiss
10. Nama terowongan: Gotthard Base Tunnel
Lokasi: Alps, Swiss
Panjang: 57,104 meter
Tipe: Railway
Waktu pembangunan: 1996-2010 (belum beroperasi)
Baru  dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017. Gotthard Base akan melayani  rute Erstfeld hingga ke Bodio dengan kereta api. Belum tahu ada berapa  stasiun yang akan dilaluinya. Namun, dipastikan kereta yang akan  melayani warga Swiss berkecepatan 250 km/jam.

0 komentar:

Posting Komentar