Jumat, 17 Februari 2012

POHON TERBESAR DI DUNIA

Taman Nasional Sequoia di California memiliki sebuah pohon tertinggi dan tertua di dunia. General Sherman namanya. Jangan lewatkan kesempatan melihat pohon luar biasa ini saat Anda berkunjung ke California.

Pohon sequoia terbesar di dunia ini bertempat di Giant Forest, hutan di dalam wilayah Taman Nasional Sequoia, Tulare, California. General Sherman, demikian pohon ini dinamakan. General Sherman merupakan pohon tertua di dunia, umurnya sudah lebih dari 2.000 tahun. 

Selain yang tertua, pohon ini juga menjadi pohon terbesar di dunia. Bayangkan saja, tingginya mencapai 83,3 meter dan diameternya sekitar 11,1 meter. Jika ditotal, pohon ini memiliki volume sekitar 1500 meter kubik!

Pada tahun 1879, pohon ini dinamai seorang kapten perang di Amerika yang bernama William Tecumseh Sherman. General Sherman hampir sama besar dengan General Grand Tree yang ada di Taman Nasional Kings Canyon, California. Setelah dibandingkan, General Sherman akhirnya dinobatkan menjadi pohon terbesar di dunia pada tahun 1931. 

Untuk melihat pohon general sherman yang terkenal ini, Anda bisa menggunakan sequoia shuttle bus. Bus ini akan mengantar Anda mengelilingi Taman Nasional Sequoia. Dengan harga USD 15 atau Rp 135.000 Anda bisa memakai jasa bus ini pulang pergi. 

General Sherman menjadi pemandangan yang banyak diminati para turis. Bagaimana tidak, pohon ini berdiri dengan kokohnya di antara pohon lain. Diameter batangnya saja berkali tubuh manusia. Batangnya melampaui pepohonan di sekitarnya. Sempatkan melihat pohon terbesar ini saat Anda berkunjung ke California.

0 komentar:

Poskan Komentar