Minggu, 03 April 2011

KUIL SUFI DI PAKISTAN DI BOM 42 TEWAS


Bom bunuh diri terjadi di tengah ribuan orang di sebuah kuil kaum Sufi di Pakistan, Minggu, 3 Maret 2011. Sekurangnya 42 orang tewas dan ratusan lain luka-luka. Banyak yang kritis.

Seperti dilansir dari kantor berita Los Angeles Times, pengeboman terjadi di kuil Sakhi Sarwar yang terletak di sebuah desa dekat kota Punjab, distrik Dera Gazi Khan. Serangan ini adalah satu dari rangkaian penyerangan oleh kelompok militan Pakistan terhadap kelompok Sufi yang dianggap sesat.

Dilaporkan, seorang pelaku yang mengenakan rompi berisi bom meledakkan dirinya ketika dia dihentikan di pintu masuk kuil. Seorang pelaku bom bunuh diri lainnya gagal meledakkan diri dan berhasil dibekuk oleh petugas. Bom di tubuhnya hanya meledak sebagian, membuat dia kini dalam keadaan kritis.

Selain menewaskan 42 orang, kepala unit darurat distrik Dera Ghazi Khan, Natiq Hayat melaporkan bahwa sedikitnya 80 orang terluka, 30 di antaranya dalam keadaan kritis.

Kelompok Taliban Pakistan mengklaim telah melakukan penyerangan tersebut. Di negara ini, kelompok militan Suni, diantaranya Taliban dan Sipah-e-Sahaba, kerap menjadikan kelompok Sufi sebagai sasaran penyerangan. Mereka menganggap berbagai ritual Sufi sudah menyimpang dari ajaran Islam dan dianggap sesat. Selain Sufi, kelompok Ahmadiyah juga salah satu sasaran utama serangan bom.

Sebelumnya pada Oktober, sebuah bom meledak di kuil Sufi di kota Pakpattan, Punjab, menewaskan lima orang. Pada bulan yang sama, dua serangan bunuh diri menewaskan delapan orang dan melukai 65 lainnya di Karachi, saat mereka hendak menuju sebuah kuil sufi yang dibangun untuk almarhum Abdullah Shah Ghazi.

0 komentar:

Posting Komentar