Minggu, 03 April 2011

GEMPA 7.1 SR LANDA CILACAP BERPOTENSI TSUNAMI


Gempa bumi berkekuatan 7,1 SR mengguncang kawasan Cilacap, Jawa Tengah sekitar pukul 03.06 WIB, Senin, 4 April 2011. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km dan dikhawatirkan berpotensi tsumani.

Demikian laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya pada Senin, 4 April 2011. Menurut BMKG gempa berlokasi di 293 km Barat Daya Cilacap atau 10.01 Lintang Selatan (LS) dan 107.69 Bujur Timur (BT).

Di Jakarta, getaran gempa juga sempat terasa tak lama setelah gempa Cilacap. Getaran terasa selama kurang lebih tiga menit. Guncangan terasa di kantor VIVAnews yang terletak di lantai 31 Menara Standard Chartered, Jalan Satrio, Jakarta Selatan. Pintu-pintu kaca goyang hingga menimbulkan suara cukup kencang.
Cilacap - Sejumlah warga Cilacap dengan mengendarai sepeda motor dan mobil berlomba-lomba menjauhi pantai demi menghindari kemungkinan tsunami. Sementara sejumlah warga yang tidak memiliki kendaraan memilih jalan cepat menuju terminal Cilacap di Jl Ahmad Yani.

Pantauan detikcom, Senin (4/4/2011), sekitar Jl Ahmad Yani, sekitar seratusan orang berbondong-bondong berjalan cepat menuju terminal. Beberapa dari mereka adalah ibu-ibu yang menggendong anak.

Namun sesampainya di terminal, tidak ada satu bus pun yang beropreasi.

Sementara itu, di Jl Urip Sumoharjo dan Jl Tentara Pelajar tejadi kepadatan oleh kendaraan warga yang ingin menuju Wangon, wilayah yang relatif aman jika terjadi tsunami.


Cilacap - Mendengar gempa 7,1 SR berpotensi tsunami, warga Cilacap, Jawa Tengah, langsung bergegas meninggalkan kediaman mereka menuju wilayah Utara, menjauhi pantai.

Pantauan detikcom, di Jl Gatot Subroto, Senin (4/4/2011) pukul 03.50, ratusan orang berlomba-lomba menuju Utara. Mereka menaiki sepeda motor dan mobil. Bahkan beberapa yang naik sepeda motor tidak berhelm dan berbonceng tiga.

Laju kendaraan yang melintas di Jl Gatot Subroto, atau sekitar 1 km dari pantai ini pun tidak ada yang pelan. Semuanya melesat kencang.

Sementara itu, pom bensin di pusat kota Cilacap mendadak mendapat antrean panjang. Warga ingin memastikan stok bahaJakarta - Tidak hanya daerah di Pulau Jawa yang ikut merasakan gempa 7,1 SR di Cilacap, Jawa Tengah. Denpasar, Bali juga turut merasakan gempa pada skala II Modified Mercalli Intensity (MMI).

Informasi yang disampaikan BMKG, Senin (4/4/2011), menyebutkan, selain di Denpasar, gempa juga dirasakan di Pangandaran IV MMI, KarangKates II MMI, Cisarua II MMI.

Seperti diberitakan, gempa berpotensi tsunami ini terjadi pukul 03.06 WIB. Gempa terjadi di 293 km barat daya Cilacap atau 10.01 LS dan 107.69 BT. Pusat gempa berada kedalaman 10 km. bakarnya mencukupi sebelum kebut menjauhi pantai.

0 komentar:

Posting Komentar