Kamis, 31 Maret 2011

WARGA AKAN DI EVAKUASI JIKA SERENGAN ULAT BULU MENGKAWATIRKAN


 LIHAT VIDEO 7 DESA DI SERANG ULAT BULU DISINI
Surabaya - Pemprov Jawa Timur akan melakukan evakuasi warga yang tempat tinggalnya diserang ulat bulu bila kondisi sudah sangat membahayakan. Namun saat ini lebih difokuskan ke pembasmian terlebih dahulu.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. "Tidak menutup kemungkinan warga dievakuasi kalau situasi sudah sangat mengkhawatirkan atau membahayakan," katanya kepada detiksurabaya.com melalui sambungan telepon, Kamis malam (31/3/2011).

Namun upaya evakuasi itu masih menunggu hasil tim gabungan yang telah diterjunkan ke lokasi yang menjadi sasaran ulat bulu.

"Tim saat ini sudah di lokasi untuk melakukan pembasmian. Kita berusaha mengeleminir lokasi agar tidak meluas," kata Gus Ipul yang mengaku terus memantau perkembangan serangan ulat bulu di sejumlah desa di Probolinggo itu.

"Yang pasti penanganan dengan penyemprotan pestisida terus dilakukan. Ya mudah-mudahan bisa cepat diatasi," katanya.

Seperti diberitakan, sudah hampir dua pekan ini, ulat bulu (desiciria inclusa) menyerang enam desa di lima kecamatan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Serangan ulat kali ini tergolong terparah dalam sejarah.

Desa Sumber Kedawung dan Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, adalah daerah terparah
yang diserbu ulat. Selain itu ulat bulu juga merambah di Kecamatan Tegal Siwalan, Bantaran, Wonomerto dan Sumberasih. Ulat bulu telah merusak 8.887 pohon tanaman dan menyebar ke rumah penduduk.

0 komentar:

Posting Komentar