Jumat, 11 Maret 2011

VIDEO PUSARAN ANGIN MISTERIUS


Pusaran air raksasa terbentuk setelah tsunami dahsyat melanda Jepang pasca gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter, Jumat 11 Maret 2011.

Pusaran air ini ikut menyeret benda-benda yang ada di sekitarnya. Seperti yang tampak dalam video yang ditayangkan stasiun televisi NHK, beberapa kapal terlihat berputar-putar terbawa arus hingga ke titik pusat lingkaran.

Pensiunan seismolog Universitas Washington, Ruth Ludwin mengatakan pusaran mungkin saja terjadi setelah tsunami besar. Hal ini didasarkan keterangan saksi mata dan video beberapa tahun terakhir. 

"Pusaran air memiliki dampak cukup besar pada imajinasi manusia, sangat menakutkan," kata Ludwin seperti dikutip dari Livescience. "Tapi dari perspektif catatan geologi, pusaran air tidak meninggalkan jejak khusus yang bisa dikenali sejauh ini."

Menurutnya, pusaran air tercipta karena ada interaksi dari arus air yang deras dan geologi dari garis pantai serta dasar laut. "Jelas, ada banyak air yang terdorong dan kemudian surut di dekat garis pantai," jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar