Jumat, 11 Maret 2011

300 MAYAT TERGELETAK DI BEKAS SAPUAN TSUNAMI


Sedikitnya 300 korban tewas ditemukan di Sendai, Kyodo. Kawasan ini termasuk salah satu yang tersapu tsunami pascagempa 8,9 Skala Richter yang mengguncang Jepang, Jumat siang, 11 Maret 2011, waktu setempat.

Kantor Berita Kyodo, seperti dikutip Associated Press, melaporkan bahwa korban diperkirakan mencapai ratusan. Setidaknya, sudah ada laporan orang hilang sebanyak 349, hanya di wilayah Sendai. Sementara di kota Ofunato, lebih 300 rumah hanyut.

Sendai menjadi salah satu kawasan yang mendapat efek terparah akibat tsunami dan gempa yang berpusat di 130 km sebelah timur Sendai, Honshu, atau 373 km tenggara Tokyo. Kehancuran kota membuat 60-70 ribu penduduk terpaksa mengungsi.

Sementara di Tokyo, gempa terdahsyat dalam 140 terakhir ini juga mengakibatkan kepanikan luar biasa. Sejumlah fasilitas umum lumpuh. Bahkan, aliran listrik yang menerangi lebih empat juta rumah di ibukota Jepang itu terputus.

"Gempa bumi telah mengakibatkan kerusakan besar, terutama di kawasan Jepang bagian utara," kata Perdana Menteri Jepang, Naoto Kan, seperti dikutip dari laman Associated Press, Jumat, 11 Maret 2011.

0 komentar:

Posting Komentar