Sabtu, 12 Maret 2011

REAKTOR NUKLIR JEPANG MELEDAK



Suara ledakan terdengar dari fasilitas reaktor nuklir Fukushima, Jepang, Sabtu (12/3/2011), yang tengah mendapat perhatian serius karena mengalami masalah setelah diguncang gempa kemarin. Tak lama kemudian asap putih mengepul dan dilaporkan sejumlah pekerja terluka.
Demikian laporan terakhir yang dilansir Reuters mengutip kantor berita Jepang Jiji. Sementara AFP melaporkan beberapa pekerja di fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut mengalami luka-luka dan tingkat radioaktivitas di sekitarnya naik menjadi 20 kali lipat daripada sebelumnya. Kntor berita AP merilis pernyataan pejabat pemerintah bahwa hal tersebut menandai melelehnya reaktor tersebut.
Salah satu reaktor nuklir di Fukushima mengalami kerusakan pada fasilitas pendingin. Meski telah dimatikan, reaktor tersebut masih tetap panas dan berpotensi meleleh. Pihak keamanan telah memerintahkan 45.000 penduduk yang tinggal dalam radius kurang dari 10 kilometer untuk meninggalkan lokasi. Ada risiko radiasi akibat kebocoran zat radioaktif.
Sebelumnya, operator pembangkit tersebut Tokyo Electric Power (TEPCO) menyatakan bahwa sistem pendingin telah pulih kembali. Reaktor yang atelah dimatikan namun masih panas sempat didinginkan secara langsung terpapar ke udara.        
okyo - Sebuah ledakan terdengar dari reaktor nuklir Fukushima yang mengalami kebocoran 'kecil'. Asap terlihat mengepul keluar dari reaktor tersebut.

Demikian diberitakan oleh kantor berita Jiji Press yang mengutip pernyataan petugas kepolisian setempat dan dilansir Reuters, Sabtu (12/3/2011).

Reaktor yang dikelola oleh Tokyo Electric Power Co(Tepco) tersebut sebelumnya dikabarkan mengalami kerusakan akibat gempa 8,9 SR yang mengguncang Jepang, kemarin (11/3).

Sementara AFP menyebutkan, tayangan televisi lokal menayangkan gambar asap yang mengepul keluar dari reaktor nomor satu di Jepang tersebut. Bahkan media Jepang lainnya, NHK menyebutkan bahwa beberapa pekerja yang ada di lokasi mengalami luka-luka akibat ledakan ini. Namun, belum diketahui pasti jumlahnya serta luka yang diderita.

Radioaktivitas dilaporkan meningkat sebesar 20 kali dari level normal. Atap dan dinding gedung yang ada di lingkungan reaktor milik Tepco ini juga dikabarkan hancur akibat ledakan.

Sebelumnya diberitakan bahwa akibat kebocoran 'kecil' tersebut, zat caesium radioaktif mulai terdeteksi di lingkungan sekitar reaktor Fukushima. Semua warga yang berada pada radius 10 km dari Fukushima telah dievakuasi ke tempat yang aman.

Media Jepang, Kyodo dan Jiji Press juga menyebutkan kemungkinan melelehnya nuklir yang ada di Fukushima itu. Dimana batang bahan bakar nuklir sempat terkena udara di saat kadar air berkurang. Namun truk pemadam kebakaran segera memompakan air ke dalam reaktor untuk menambah kadar air sebagai pendingin.

Pendingin reaktor nuklir ini mengalami kerusakan akibat gempa 8,9 SR yang melanda Jepang kemarin. Tanpa adanya pendingin, tekanan di dalam reaktor pun meningkat dan nuklir dikhawatirkan akan meledak.

0 komentar:

Posting Komentar