Minggu, 13 Februari 2011

GEMPA LANDA YOGYA LAGI



YOGYA - Gempa cukup kuat menggetarkan daratan di Yogyakarta dan sekitarnya, Minggu (13/2/2011) sekitar pukul 19.55 WIB. 

Gelombang gempa membuat bangunan dan rumah permanen di sekitar Wonosari,Gunungkidul berderak-derak sekitar lima detik. Gempa juga dirasakan sebagian warga Kota Yogya. 

Belum diketahui episentrum, kekuatan, dan koordinat gempa bumi. Juga belum diketahui laporan dampak kerusakan akibat fenomena alam ini. Tidak ada kepanikan di tengah warga.

Sebelumnya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diguncang gempa tektonik 5,0 skala Richter (SR), pada Sabtu (21/8/2010) sekitar pukul 18.41 WIB. Menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, gempa yang terjadi disebabkan patahan kulit bumi di bawah perbukitan kapur yang berada di Wonosari, Gunungkidul.

Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer bumi, jadi tidak di dasar laut, sehingga tidak menimbulkan atau berpotensi tsunami..


KOMPAS.com — Kota Yogyakarta kembali digetarkan gempa, Minggu (13/2/2011) malam. Getaran dilaporkan sejumlah warga terasa cukup kuat, tidak hanya di dalam kota, namun juga di wilayah sekitar Gunung Kidul.
Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 3,7 Skala Richter (SR) pukul 19.51. Meski di bawah 5 SR, kekuatan getaran terasa hingga II-III Skala MMI (modified mercally intencity) di sejumlah wilayah.
Pusat gempa sekitar 24 kilometer barat daya Bantul, tepatnya di koordinat 8.11 Lintang Selatan dan 110.34 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

1 komentar:

  1. woww...kirain gx kuat bener...
    lumayan jga ya lw sampe buat jln kebelah gtu..
    ada si ngerasa dikit tdi..sempat kaget juga..

    BalasHapus