Rabu, 09 Maret 2011

KERETA GANTUNG JATUH 43 TURIS TEWAS


Hasil investigasi polisi menyimpulkan kelalaian sebagai penyebab kecelakaan
Pada 35 tahun lalu, industri pariwisata Italia dilanda tragedi. Sebanyak 43 turis, termasuk 15 anak-anak, tewas saat sebuah kereta gantung terlepas dan jatuh dari ketinggian 213 meter di kawasan tetirah Cavalese.

Menurut stasiun berita BBC, sesaat setelah kereta terhempas ke tanah, rangkaian rel seberat 3 ton yang menahannya ikut jatuh dan langsung menimpa penumpang yang ada di dalam kabin. Alhasil, seluruh penumpang tewas seketika kecuali seorang anak perempuan berusia 14 tahun asal Milan.

Berdasarkan keterangan salah seorang teknisinya, kereta gantung yang dibangun pada tahun 1966 tersebut tidak dilengkapi dengan sistem pengaman cadangan untuk mengantisipasi putusnya kabel yang menahan kereta. Akibatnya, saat kabel suspensi tersebut putus, kereta langsung terjun bebas dan terhempas ke tanah.

Hasil investigasi polisi menyimpulkan kelalaian sebagai penyebab terjadinya kecelakaan kereta gantung terburuk dalam sejarah tersebut. Tidak lama, empat orang pejabat operator kereta diseret ke pengadilan karena dipandang lalai merawat dan mengoperasikan wahana kereta gantung milik mereka.

0 komentar:

Posting Komentar