Rabu, 30 Maret 2011

4 REAKTOR NUKLIR JEPANG AKAN DI HANCURKAN


TOKYO - Operator pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, Tokyo Electric Power Co (Tepco) akan menghancurkan empat dari enam reaktor yang ada di pembangkit tersebut.

"Kami tidak punya pilihan lain, selain menghancurkan reaktor nomor 1,2,3 dan 4 di PLTN Fukushima Daiichi," ungkap Direktur Tepco Tsunehisa Katsumata seperti dikutip The New York Times, Rabu (30/3/2011).

Banyak ahli menilai langkah tersebut tidak dapat dihindari menyusul kerusakan hebat pada keempat unit reaktor itu, sejak dihantam gempa dan tsunami 11 Maret lalu. Tetapi di saat bersamaan, keputusan ini menandakan bahwa investasi miliaran dari Tepco ini tidak dapat diperbaiki sama sekali.

Katsumata menambahkan reaktor nomor 5 dan 6 masih dapat beroperasi. Tetapi menggunakan kembali PLTN tersebut masih menunggu konsultasi antara pemerintah dan warga setempat.

Katsumata mengambil kepemimpinan Tepco dari Masataka Shimizu yang menjalani perawatan di rumah sakit. Shimizu diketahui dirawat karena tekanan darah tinggi dan sakit kepala. Katsumata menyatakan Shimizu akan segera bekerja setelah sembuh.

0 komentar:

Posting Komentar