Rabu, 08 Desember 2010

Ssst...Tahun Depan Google Jualan Laptop

SAN FRANCISCO--Setelah sukses menggempur pasar smartphone dengan sistem operasi Android, Google berencana menggoyang pasar laptop. Pada Selasa waktu setempat (7/12), Google mengumumkan akan menjual laptop dengan sistem operasi Chrome mulai tahun depan.

"Bagi kami, ini adalah perjalanan panjang untuk membuat model sistem operasi dengan memanfaatkan cloud," kata Sundar Pichai, Wakil Presiden Manajemen Produk Google dalam keterangan persnya.

Cloud adalah istilah teknis untuk menjelaskan penyimpanan data dan aneka aplikasi di internet, bukan di disk komputer. Pichai mengatakan, Acer dan Samsung akan memproduksi laptop dengan sistem operasi Chrome tahun depan.

Sementara, CEO Google Eric Schmidt mengatakan, komputer dengan memanfaatkan cloud akan makin banyak dipakai di masa depan. Selama ini pasar sistem operasi dikuasai Microsoft dengan sistem operasi Windows.

Google mencoba mengambil pendekatan yang berbeda dengan memanfaatkan cloud computing. Google berharap dengan menyimpan data dan aplikasi di internet, serangan peretas dan perangkat lunak jahat bisa diminimalisasi

Keunggulan lain adalah baterai yang lebih lama, proses booting yang jauh lebih cepat, dan kemampuan mengakses data desktop di mana saja di dunia dengan syarat ada koneksi internet.

Sistem operasi ini juga memungkinkan pengguna mengakses data dan menjalankan program web tanpa harus terhubungan dengan internet. Selain itu, satu komputer bisa dipakai beberapa orang, tanpa harus berbagi data-data penting.

0 komentar:

Posting Komentar