Rabu, 08 Desember 2010

Gemuruh Lahar Dingin Bikin Panik Warga

Rabu, 8 Desember 2010, 20:06 WIB

Suara gemuruh banjir lahar dingin terdengar hingga radius satu kilometer
VIVAnews - Luapan lahar dingin dari Kali Putih yang mengalir di kawasan Jumoyo, Salam, Magelang, membuat sejumlah warga asal Dusun Gempol dan Seloiring mengungsi.

Aparat Desa Jumoyo, Agus, mengatakan, ada dua dusun yang warganya telah dievakuasi. Dua dusun tersebut terletak persis di dekat aliran Kali Putih.

Di Dusun Gempol, sedikitnya 363 warga yang telah dievakuasi. Sebagian besar diungsikan ke posko pengungsian STM Jumoyo. Sedangkan di Dusun Seloiring, yang penduduknya berjumlah 779 jiwa, tidak semua mengungsi.

"Kalau di Gempol hampir semua warganya diungsikan. Namun di Seloiring, yang dievakuasi hanya warga RT 3, 4, dan 5. Saat ini sebagian warga Seloiring mengungsi sementara di Masjid Al Falah," ujar Agus, Rabu, 8 Desember 2010.

Kepala Dusun Remame, Jumoyo, Asrofi, menambahkan, suara gemuruh banjir dari Kali Putih terdengar hingga ke dusunnya yang berjarak sekitar satu kilometer. Banjir lahar dingin umumnya masuk ke pemukiman dalam hitungan menit.

"Tadi sewaktu banjir terjadi suara gemuruhnya terdengar cukup keras. Apalagi yang rumahnya dekat dengan sungai tersebut dipastikan ketakutan karena selain gemuruh, getaran batu yang mengalir juga cukup kencang sehingga mereka ketakutan dan langsung mengungsi," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar