Selasa, 15 Maret 2011

RADIASI NUKLIR MENINGJKAT LEVEL 6 DAT 7 LEVEL SAMA SPERTI INSIDEN CHERNOBYL


Lembaga pengawasan nuklir Perancis memberikan peringatan jika skala radiasi kilang nuklir No 1 di Fukushima sudah mencapai skala 6 dari total skala 7. Demikian diberitakan FoxNews, Selasa (15/3/2011).

"Saat ini situasi sudah sangat buruk ketimbang dari Three Mile Island," jelas Donald Olander, seorang profesor nuklir dari University of California di Berkeley.

Insiden Chernobyl yang terjadi di Ukraina di tahun 1986 tingkat radiasinya mencapai level 7 sementara insiden serupa di tahun 1979 yang terjadi di Three Mile Island mencapai level 5. Sedikitnya 140 ribu warga yang tinggal di sekitar lokasi kilang nuklir diminta agar tinggal di dalam rumah.

Di Three Mile Island, radiasi bocor di dalam penampung, sebuah tempat padat yang melingkari reaktor. Sementara reaktor Chernobyl tidak memiliki kulit penutup dan masih beroperasi ketika insiden terjadi. Reaktor nuklir di Jepang secara otomatis dihentikan ketika gempa berkekuatan 8,9 skala Richter (SR) mengguncang pantai utara negara itu dan membungkus tempat penyimpanan.

0 komentar:

Posting Komentar