Selasa, 08 Februari 2011

BTS AKAN DI PERKECIL DAN BISA BERDIRI DI TELAPAK TANGAN



Jakarta - Perusahaan telekomunikasi asal Prancis, Alcatel-Lucent, menelurkan rancangan teknologi yang bisa membuat BTS (Base Transceiver Station) menjadi seukuran mainan kubus dan bisa berdiri di atas telapak tangan.

Ke dalam kubus itu, LightRadio -- demikian nama teknologi ini -- dibenamkan diplexer, radio, amplifier dan passive cooling. Alcatel-Lucent akan segera mengujinya untuk konsumen pada pertengahan tahun kedua 2011. 

Dilansir PC Mag dan dikutip detikINET, Selasa (8/2/2011), ide 'membonsai' BTS ini menurut Alcatel-Lucent, berawal dari upaya pemangkasan energi dan pengurangan lahan yang dibutuhkan bagi infrastruktur BTS. 

Alcatel-Lucent percaya, dengan BTS ini konsumsi energi dan keseluruhan biaya dapat dikurangi hingga setengahnya. Perusahaan yang berpusat di Paris ini memperkirakan, pada tahun 2010 biaya untuk BTS telah menelan dana lebih dari 150 miliar euro.

"LightRadio adalah solusi cerdas untuk satu 'paket' masalah yang meliputi biaya energi yang tinggi, ledakan trafik akses video melalui perangkat mobile dan masalah putus nyambung koneksi," kata Chief Executive Alcatel-Lucent Ben Verwaayen.

Dikatakannya, LightRadio sudah mendapat dukungan dari operator telekomunikasi, salah satunya Verizon. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini kabarnya tengah intens berdiskusi dengan Alcatel-Lucent.

"Kami tengah mempelajari berbagai keuntungan dari teknologi ini dan bagaimana mengaplikasikannya seiring dengan perkembangan dan evolusi jaringan LTE kami," kata Tom Sawanobori selaku Vice President of Technology Planning Verizon. 

Satu paket teknologi LightRadio ini terdiri dari wideband active array antenna, multiband remote radio head, baseband unit, controller dan solusi manajemen 5620 SAM. 

"Wideband active array antenna akan segera diuji akhir tahun ini dan produk ini segera tersedia pada tahun 2012 dan menyusul untuk produk terbaru lainnya di 2013 dan 2014," ujar Alcatel-Lucent. ( rns / ash ) 

0 komentar:

Posting Komentar