Minggu, 26 Desember 2010

Gazal-1 Telah Siap Menjadi Mobil Arab Pertama

RIYADH, KOMPAS.com – Juni lalu Raja Abdullah dari Arab Saudi memberikan lampu hijau untuk menjalankan proyek KSU untuk membikin mobil pertama yang dibuat di negara Arab, yaitu KSU Gazal-1. Kini upaya tersebut semakin nyata, yaitu keputusan Pemerintah Arab Saudi membangun pabriknya dengan investasi awal 500 juta dollar AS (Rp4,5 triliun). Proyek pendirian pabrik akan dimulai tahun depan. Menurut autonews.com, diharapkan SUV ini sudah siap diproduksi dan dipasarkan dalam dua tahun mendatang. Dijelaskan pula, pabrik akan dibangun oleh salah satu perusahaan otomotif asal Korea Selatan tanpa menyebutkan namanya. Hanya dijelaskan, pimpinan Universitas Raja Saud, Abdullah al-Othman, baru saja menandatangani kesepakatan kerjasama dengan salah satu perusahaan mobil asal Korea Selatan.
Diinformasikan pula, investasi untuk mendirikan pabrik dilakukan secara patungan, yaitu 15 persen dari lembaga investasi universitas Wadi al Riyadh Technology dan 30 persen perusahaan Korsel. Sisanya ditawarkan ke pada investor swasta. Othman mengatakan, selain membidik pasar domestik, kendaraan tersebut nantinya diekspor ke negara-negara di Afrika Utara
Informasi lain, mobil yang diperkenalkan pertama kali ke publik di Pameran Mobil Jenewa awal Maret lalu ini, dirancang oleh pelajar Universitas Arab Saud yang mendapatkan bantuan dari studio desain Italia.
Mirip FJ Cruiser Begitu melihat penampilan prototipe pertama dari mobil yang akan dibikin Arab Saudi tersebut, pengamat menilai bntuk atapnya mirip dengan Toyota FJ Curiser. Kendati demikian, ternyata sasis dan mesin akan dipasok oleh Mercedes-Benz. Sasis dan mesin sama dengan yang digunakan G-Class dengan eksteiror berbeda. malah untuk interior, total baru.
Menurut autoblog.com Mercedes-Benz telah meyetujui menjadi pemasok sasis dan mesin (bensin V8) yang digunakan G-Class untuk Gazal-1. Pembuat mobil ini, KSU akan pasar mobil ini karena permintaan tahunan kendaraan jenis ini di Arab mencapai 20.000 unit.
Selanjutnya, SUV ini nantinya disesuaikan dengan iklim dan permintaan konsumen Arab Saudi, yaitu mobil dengan kemampuan off-road yang namun cukup mewah. Pasalnya, sebagian besar SUV yang laku keras di negara tersebut adalah kelas Toyota Fortuner.
Saat ini beberapa mobil yang dirakit di Indonesiajuga diekspor ke Arab Saudi, yaitu Suzuki APV dan Daihatsu Gran Max .

0 komentar:

Posting Komentar