Minggu, 10 Oktober 2010

SIAP TEMPUR DENGAN IRAN, ISRAEL BELI 20 JET TEMPUR PALING CANGGIH DARI AS


Jumat, 08/10/2010 13:51 WIB
Untuk Pertahankan Diri, Israel Beli 20 Jet Tempur Paling Canggih dari AS  
Rita Uli Hutapea - detikNews


Foto: techfresh.net
Yerusalem - Israel akan membeli 20 jet tempur paling canggih di dunia dari Amerika Serikat (AS). Pemerintah Israel telah menandatangani kontrak dengan pemerintah AS soal pembelian pesawat tempur F-35 tersebut.

Dengan pembelian jet F-35 buatan AS itu, Israel akan memiliki pesawat tempur yang lebih canggih dari negara manapun di Timur Tengah. Senjata tersebut akan meningkatkan kemampuan Israel untuk mempertahankan diri.

"Jet tempur paling canggih di dunia saat ini, F-35 tersebut akan meningkatkan kemampuan Israel mempertahankan diri terhadap setiap ancaman atau gabungan ancaman dari mana saja di Timur Tengah," kata Michael Oren, Duta Besar (Dubes) Israel untuk AS dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (8/10/2010).

Pembelian jet F-35 tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah terkait isu program nuklir Iran.

Penjualan itu kabarnya bernilai sekitar US$ 2,75 miliar. Oren menyebut kontrak tersebut sebagai event yang strategis dan punya arti historis. 

"Dan itu akan menjadi kepentingan bersama AS dan Israel," kata Oren.

Kesepakatan pembelian F-35 itu diteken di New York, AS pada Kamis, 7 Oktober waktu setempat. Pejabat-pejabat pertahanan Israel dan Angkatan Udara AS hadir dalam pertemuan penandatanganan itu.

Belum jelas apakah penjualan itu dimaksudkan sebagai dorongan ataupun insentif bagi Israel untuk memperpanjang pembekuan pembangunan pemukim Yahudi di Tepi Barat.

1 komentar: