Senin, 17 Januari 2011

Tubuh Jenglot di Cirebon Mengecil Terkena Cahaya


TRIBUNNEWS.COM, CIREBON --- Makhluk halus sejenis jenglot atau oleh masyarakat Cirebon disebut buncul yang ditemukan di Sungai Soka, takut cahaya. Tubuhnya yang sudah mini itu makin mengecil saat terkena cahaya.

Sukarta (60), pengurus Desa Pamijahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon mengatakan, semula ukuran jenglot yang ditemukan oleh Jamil (27), warga setempat itu berukuran agak besar.

"Sebesar paha orang dewasa lah," kata Sukarta, saat ditemui Tribun di GOR desa setempat yang dijadikan tempat memamerkan jenglot, Senin (17/1/2011) siang.

Namun, kata Sukarta, ukuran jenglot semakin mengecil begitu terkena cahaya. Apalagi. Mulai Senin pagi, saat bumi diterangi matahari, ukuran tubuh jenglot itu makin mengecil. Hingga Senin siang, ukuran tubuhnya hanya sebesar jempol kaki orang dewasa.

Agar tak makin mengecil, warga setempat menutup mata jenglot dengan kain hitam. Demikian juga pada kaca GOR, ditutup kain agar tak terlalu banyak cahaya yang masuk.

Meski berukuran kecil, tubuh jenglot yang ditangkap Senin subuh itu masih lengkap. Rambutnya hitam panjang, dengan ukuran kepala yang makin kecil. Sementara pada dua tangannya terdapat kuku tajam.

Layaknya makhluk hidup, jenglot tersebut juga memiliki mulut dan bergigi. Sesekali giginya terlihat, saat makhluk tersebut membuka mulutnya

0 komentar:

Posting Komentar