Senin, 20 Februari 2012

Dua Bulan Terjebak Salju, Pria Ini Selamat


Seorang pria di Swedia berhasil selamat setelah  dua bulan terjebak di dalam mobilnya yang terkubur salju. Fenomena ini tidak dianggap menakjubkan oleh para ahli kesehatan, ada penjelasan ilmiahnya.
Pria 44 tahun yang belakangan diketahui bernama Peter Skyllberg, ditemukan pada Jumat pekan lalu dalam keadaan sangat lemah. Dia mengatakan, telah terkubur salju sejak Desember tahun lalu. 

Skyllberg mengatakan hanya bertahan dengan meminum salju yang mencair. Suhu di luar kala itu mencapai -30 derajat Celcius. Dokter Ulf Segerberg, kepala rumah sakit Universitas Norrland di Umea, Swedia, mengatakan udara di dalam mobil bisa lebih hangat walaupun cuaca di luar di bawah titik beku.
Hal ini dikarenakan adanya efek igloo yang terjadi pada insiden tersebut. Igloo adalah rumah warga eskimo yang berbentuk kubah, dibuat dari balok salju. Kendati di luar dingin, namun udara yang terperangkap di dalam igloo menciptakan hangat. 

"Di dalam mobil, jika dia memiliki pakaian kering, kantung tidur hangat, dengan mobil yang tertimbun salju, maka akan membuatnya seperti igloo. Di dalamnya, suhu sekitar 0 derajat," kata Segerberg.

Selama dua bulan, Skyllberg tidak mendapatkan makanan dan hanya bertahan dengan meminum salju yang mencair. Hal ini oleh Segerberg dianggap mungkin terjadi. "Kelaparan selama sebulan, orang bisa selamat jika punya air minum. Jika kau punya lemak banyak, kau akan bertahan lebih lama, walaupun akhirnya akan kurus kering," jelas Segerberg.

0 komentar:

Poskan Komentar