Rabu, 04 Januari 2012

LAFAZ ALLAH DI BADAN IKAN

LAFAZ ALLAH
BINTAN - Ada yang lain dari ikan sepat yang dipelihara Kanal Manalin (27). Seekor ikan yang dikembangbiakannya dari hasil pemijahan, punya motif unik. Jika diperhatikan, guratan yang berada di kiri badan ikan ini nampak seperti lafaz Allah.

Hal ini pun cukup  menarik perhatian warga khususnya di  Jl Barek motor gang Rahayu RW 08 / RT 03, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.
LAFAZ ALLAH
Kanal yang merupakan Pegawai perusahaan Ofshore di Kijang ini  mengaku akan memelihara ikan tersebut.
"Ya cukup unik juga, ikan ini hasil pemijahan yang saya lakukan 6 bulan lalu. Cuma satu ini yang tumbuh dari hasil pemijahan kala itu. Biasanya satu kali pemijahan bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan bibit ikan. Tapi yang ini cuma satu aja. Untuk saat ini saya akan memilharanya aja dulu," sebut Kanal, kala dijumpai di Barek Motor, Rabu (4/1/2011).
Ikan sepat siam ini menurutnya punya nama latin  Trichogaster trichopterus. Kanal memang punya hobi memelihara ikan. Ia sempat bekerja sebagai penjual ikan hias saat kontrak kerjanya habis di perusahaan offshore.  Berbagai macam ikan sebut saja ikan hias Koi, ikan sapu-sapu hingga ikan laga cukup akrab bagi pria ini.

"Saat habis kontrak, saya sempat jual ikan hias di Tanjungpinag seperti di depan Bank CIMB Niaga dan dekat Pasar. Cuma beberapa bulan setelah itu saya kembali lagi kerja di Offshore. Namun kalau masalah ikan, saya tetap tekuni, cuma kini hanya lakukan pemijahan, budidaya ikan saja untuk dijual bibitnya," cerita Kanal.
LAFAZ ALLAH
Ikan unik yang saat ini dipeliharanya cukup membuat Kanal antusias. Ia punya cerita tentang awal keberadaan ikan berlafazkan Allah tersebut. Induk ikan ini dulunya sempat dibeli oleh salah seorang kolektor ikan di Tanjungpinang. Namun dikarenakan corak ikan tersebut dianggap tidak menarik oleh kolektor itu, maka ikan tersebut dikembalikannya lah kepada Kanal.
"Nah ikan ini lah yang saya pijahkan. Yang pertama hasil pemijahan menghasilkan beberapa bibit ikan aja. Kemudian pemijahan kedua tidak berhasil. Nah ikan berlafazkan Allah ini baru muncul setelah pemijahan ketiga yang saya lakukan. Dari pemijahan itu hanya satu ikan ini aja yang jadi," ungkapnya.
Habitat ikan sepat jenis tersebut dikatakannya berasal dari Thailand. "Banyak juga sih ikan jenis ini yang masih kecil di rumah. Cuma coraknya biasa aja," sebut dia.
LAFAZ ALLAH 
Namun bagaimana jika ada yang berminat membeli ikan tersebut? Kanal mengatakan dia siap untuk menjual dengan standar harga tinggi. "Kalau ada yang mau beli, mungkin aja saya mematok harga ratusan (juta) lah. Masalahnya jarang corak ikan berlafaskan Allah seperti ini," ungkap Kanal.
LAFAZ ALLAH

0 komentar:

Poskan Komentar