Minggu, 01 Januari 2012

4 Rumah Hanyut Terseret Banjir Lahar Dingin


Hujan deras yang menggguyur kota Yogyakarta sejak sore tadi hingga saat ini, mengakibatkan terjadinya banjir lahar dingin di sekitar aliran Kali Boyong, Notoyudan.  

Akibat banjir lahar dingin, tiga rumah tenggelam dan satu lagi hancur terseret material Gunung Merapi di sekitar bantaran kali Boyong, kampung Notoyudan, Kecamatan Gedongtengen, Yogyakarta.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi kita masih melakukan evakuasi terhadap warga di lokasi kejadian," kata Ketua Tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta, Brotoseno, saat dihubungi VIVAnews.com, Minggi 1 Januari 2011.

Sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta telah mengingatkan masyarakat Yogya untuk mewaspadai hujan lokal yang terjadi di wilayah mereka selama sepekan terakhir ini.

Hujan lokal dengan intensitas sedang dalam kurun waktu 2-3 jam di Yogya, dinilai berpotensi menyebabkan banjir lahar dingin.  Kejadian hujan lokal di puncak Merapi sudah terbukti menyebabkan banjir lahar dingin, khususnya yang melewati sungai-sungai yang berhulu di Merapi seperti Sungai Putih, Apu, Pabelan, dan Sungai Krasak.

0 komentar:

Poskan Komentar