Rabu, 26 Oktober 2011

FACEBOOK BANGUN LADANG SERVER RAKSASA DI SWEDIA

Jakarta - Raksasa situs jejaring Facebook tengah membangun ladang server di Arctic circle. Ladang yang akan menampung server-server Facebook ini kekuatannya setara dengan listrik yang digunakan oleh 50.000 orang.

Pembangunan ladang server di Lulea, utara Swedia ini, merupakan kali pertama Facebook meletakkan server di luar Amerika. Pemilihan lokasi tersebut dikarenakan iklim di sana yang sangat dingin sehingga Facebook bisa memanfaatkanya untuk mendinginkan server.

Mengambil keuntungan dari temperatur Lulea yang rata-rata berkisar 2 derajat celcius (35.6F), Facebook berencana membangun 3 ruang server raksasa. Sekedar informasi, luas dari ruangan ini setara dengan luas 11 lapangan sepakbola.

Meski Facebook menggantungkan diri pada pendingin 'alami', namun untuk merawat server tersebut, mereka masih membutuhkan power sebesar 120MW, atau setara dengan kekuatan yang cukup untuk memasok listrik di 16.000 rumah.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (27/10/2010), Facebook menjadi negara terakhir yang memilih wilayah Eropa Utara untuk dijadikan ladang server. Perusahaan teknologi lain yakni Google dilaporkan sudah membeli area di Finlandia selatan tepatnya di Hamima juga untuk lokasi pendirian server.

0 komentar:

Poskan Komentar