Senin, 18 April 2011

VIDEO TORNADO TERJANG AMERIKA 40 TEWAS



Terjangan tornado ke tujuh negara bagian di Amerika memicu tewasnya setidaknya 45 orang. NBC. Minggu (17/4) menyebutkan, kerusakan terparah terjadi di North Carolina, tepatnya di ibu kota Raleigh. Badai tornado itu telah merobohkan pepohonan dan merusak jaringan listrik setempat. Banyak rumah yang hancur akibat tertimpa pohon. Jaringan listrik mati total dan ribuan rumah serta kawasan bisnis sejak Jumat (15/4) gelap gulita.
Bencana tornado yang melanda Amerika sejak Kamis (.1-1 4. yang dilaporkan kali pertama terjadi di Oklahoma. Kemudian menyebar ke sejumlah negara bagian lainnya di selatan Amerika, yakni Mississippi dan Alabama pada Jumat (15/4). Sehari setelah itu. tornado menyebar ke Oklahoma, Kansas, dan Texas.
Kejadian yang dipicu cuaca ekstrem itu juga melanda negara bagian Arkansas dan Georgia. Akibat tornado ini. bukan hanya jaringan listrik di tujuh negara bagian yang diputus, di sejumlah negara bagian lainnya, otoritas Amerika juga memadamkan aliran listrik.
Gubernur North Carolina Be\-erly Perdue mengumumkan keadaan darurat setelah empat kabupaten di negara bagian itu dilaporkan rusak parah. Akan tetapi, Perdue menolak menyebutkan jumlah korban tewas di empat wilayahnya itu. Dia mengatakan, jumlah total serangan tornado mencapai 62 kali, yang merupakan terparah sejak
1982. Saat itu. korban yang meninggal dunia mencapai 57 orang dan ratusan lainnya luka parah. "Saat ini kam? berdoa agar semua .ihm di North Carolina kuat dalam menghadapi musibah ini. kata Perdue.
Perdue berjanji akan mengumumkan jumlah total korban yang meninggal dan luka parah itu pada Minggu malam atau Senin waktu Indonesia. Dia masih harus mengumpulkan data dari sejumlah wilayahnya yang terkena serangan tornado itu.
"Kami masih terus mengin-vestigasi dan mengumpulkan data yang diharapkan pada Minggu sore ini akan selesai," ujarnya.
Salah satu kabupaten di North Carolina ying jumlah korban tewas cukup signifikan adalah Bertie yang berpenduduk sekitar 21.000 orang itu. Lokasi Bertie berjarak sekitar 208 kilometer dari Raleigh. Bupati Bertie Zee Lamb mengatakan, sepuluh warganya tewas. Menurut Lamb, bencana tornado kali ini sangat parah. Bahkan, katadia, kerusakan rumah serta jalan di Bene ini jauh lebih buruk dibanding apa yang dilihatnya di Irak saat dia bertugas di sana beberapa waktu lalu. "Bencana ini sangat mengerikan," ujar Lamb.
Sementara itu, di negara bagian Virginia, dilaporkan tiga warga meninggal dunia. Di Alabama, tujuh korban tewas, ter* masuk seorang ibu dengan dua orang anaknya yang terhempas sekitar 500 kaki dari atap kara-van tempat mereka berlindung. (AFP/AP/A-133)***

0 komentar:

Poskan Komentar