Selasa, 28 Februari 2012

Tujuh Gangguan Tidur


Apakah Anda sering mengalami kesulitan tidur akibat lelah dengan segudang aktivitas? Atau sering terbangun dan gelisah di tengah malam? Jika iya, mungkin Anda menderita salah satu dari gangguan tidur yang lazim terjadi.

Indentifikasi jenis gangguan tidur yang Anda alami. Gangguan tidur tidak hanya menyebabkan kantuk di siang hari, tetapi juga dapat mengganggu produktivitas, psikologis, dan kesehatan secara menyeluruh. 

Berikut tujuh tipe gangguan tidur yang lazim terjadi, seperti dilansir situs Health Me Up.
1. InsomniaOrang yang menderita insomnia memiliki kesulitan dalam merangsang tubuh untuk tidur. Gangguan tidur ini paling lazim terjadi, bersifat transisional atau primer. 

Insomnia transisional merupakan gangguan tidur yang umumnya dipicu stres akibat aktivitas yang padat. Ketika stres sudah teratasi, gangguan tidur pun sirna. Sedangkan insomnia primer memiliki pengaruh jangka panjang dan sulit diobati. 

Insomnia memiliki dampak negatif pada suasana hati dan konsentrasi. Perubahan ke gaya hidup sehat dan menjaga kondisi psikologis dapat membantu mengatasi kondisi ini.

2. Sleep ApneaKondisi ini ditandai dengan kesulitan bernapas saat tidur sehingga memengaruhi kualitas tidur. Bagi penderita, sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi tubuhnya, karena kondisi ini biasanya berkaitan dengan penyakit paru-paru, tekanan darah tinggi, bahkan depresi.

3. Periodic Limb Movement Disorder (PLMD)Sering mengalami gerak spontan saat tidur? Itu pertanda Anda menderita PLMD. Orang yang menderita kondisi ini memiliki kesadaran sedikit tentang kondisinya. Orang-orang terdekatlah yang biasnaya pertama mengetahuinya. 

Kondisi ini dapat diobati dengan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan penyakit Parkinson. Stimulan seperti alkohol dan kafein dapat memperburuk gejala ini. 

4. Restless Legs SyndromeKondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya sensasi yang tidak lazim di kaki sehingga Anda terdorong untuk mengerakkan kaki secara terus menerus. Mereka yang mengalami kondisi ini memiliki intensitas gerakan yang berbeda-beda.

5. Narcolepsy

Orang yang mengalami kondisi ini biasanya akan merasa sangat mengantuk di siang hari dan hanyut dalam tidur siang selama berjam-jam. Mereka dapat mengalami 'kelumpuhan' saat tertidur pulas. Konsumsi antidepresan, perubahan gaya hidup, dan menjaga kondisi psikologis sangat membantu. 

6. Sleep WalkingKondisi ini biasanya ditandai dengan tidur sembari melakukan aktivitas yang lazim dikerjakan saat sadar seperti berjalan, menyikat gigi, atau keluar dari rumah. Mereka cenderung tidak menyadari apa yang mereka lakukan hingga orang lain memberitahu mereka.

7. Delayed sleep phase disorderOrang dengan kondisi ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur, akibatnya mereka sulit bangun pagi. Dikata normal jika mengalaminya sesekali. Namun, perlu mendapat perhatian serius jika mengalaminya setiap hari. Gejala gangguan ini biasanya dimulai pada masa kecil atau masa remaja.

0 komentar:

Poskan Komentar