Minggu, 19 Februari 2012

Messi Empat Gol, Barca Gasak Valencia 5-1


Lionel Messi kembali mempertontonkan sihirnya. Megabintang asal Argentina ini mencetak empat gol Barcelona saat timnya menghajar Valencia dengan skor telak 5-1.

Bertanding di Camp Nou, Senin (20/2/2012) dinihari WIB, Barca lebih dulu tertinggal setelah Pablo Piatti menjebol gawang Victor Valdes pada awal-awal pertandingan.

Tapi, Barca tak panik. Mereka langsung bereaksi dan membalasnya dengan dua gol Messi pada babak pertama.

Pada paruh kedua, Messi mencetak dua gol tambahan. Sebuah gol dari Xavi Hernandez akhirnya menutup pesta gol The Catalans.

Kemenangan ini membuat Barca menambah koleksi poin Barca menjadi 51 poin dari 23 laga. Mereka tetap di peringkat kedua klasemen, terpaut 10 poin dari Real Madrid. Valencia di peringkat ketiga dengan 40 poin.

Jalannya pertandingan

Tim tamu mencuri gol pada menit kesembilan. Memanfaatkan umpan silang Sofiane Feghouli dari sayap kanan, Piatti dengan cerdik menyontek bola tanpa bisa dihalau oleh Valdes.

Tiga menit kemudian, Barca punya kans untuk menyamakan skor. Tapi, tembakan Pedro masih tepat mengarah ke pelukan Diego Alves.

Kedudukan akhirnya benar-benar sama kuat pada menit ke-22. Berawal dari kesalahan Adil Rami dalam memotong bola, Messi berhasil memanfaatkannya dan menjebol gawang Valencia dari sudut sempit.

Lima menit kemudian, Barca sudah berbalik unggul 2-1. Sontekan pertama Messi menyambut umpan silang Eric Abidal memang bisa dibendung Alves. Tapi, bola rebound kembali disambar Messi dan gawang Valencia jebol lagi.

Setelah gol kedua Messi, Barca memperoleh dua peluang bagus secara beruntun karena Alexis Sanchez dan Cesc Fabregas tinggal berhadapan dengan Alves. Tapi, tembakan mereka berdua masih bisa dimentahkan oleh si kiper.

Memasuki menit ke-40, Fabregas kembali meneror gawang Valencia. Dia menyambut umpan Andres Iniesta dengan overhead kick, tapi bola masih menghantam mistar.

Hingga turun minum, skor masih 2-1 untuk keunggulan Barca.

Babak kedua belum berjalan semenit, Alves sudah dipaksa bekerja keras. Dia memblok tembakan keras Sanchez dari dalam kotak penalti.

Messi nyaris membuat hat-trick pada menit ke-60. Tapi, Alves lagi-lagi membuat penyelamatan gemilang dengan menggagalkan sundulannya.

Valencia bukannya tak punya peluang. Mereka sempat mengancam lewat tendangan first time Feghouli. Namun, Vales menunjukkan refleks yang sangat baik dan memblok bola.

Messi akhirnya menggenapi hat-trick-nya pada menit ke-76. Pemain terbaik dunia ini menyambar bola muntah hasil sepakan Cristian Tello yang diblok Alves.

Lima menit jelang berakhirnya waktu normal, Messi kembali memaksa Alves bertekuk lutut. Usai menerima umpan terobosan Sergio Busquets, dia berlari ke kotak penalti dan kemudian men-chip bola melewati kepala Alves.

Pada masa injury time, Xavi menyempurnakan pesta gol Barca. Dia me-lob bola liar di kotak penalti Valencia tanpa bisa dihentikan oleh Alves.

Susunan pemain:
Barcelona: Valdes; Montoya, Pique, Puyol, Abidal; Sergio Busquets, Fabregas (Thiago 77'), Iniesta (Xavi 86'); Alexis, Messi, Pedro (Tello 68')

Valencia: Diego Alves; Miguel (Ricardo Costa 25'), Rami, Victor Ruiz, Mathieu; Albelda, Tino Costa (Topal 82'); Feghouli, Jonas, Piatti (Jordi Alba 66'); Soldado

0 komentar:

Poskan Komentar