Selasa, 07 Februari 2012

Israel Serang Iran, Perekonomian Global Hancur


Pakar politik Barat, Richard Burt, mengingatkan, serangan Israel terhadap fasilitas nuklir Iran akan memberikan pukulan telak bagi perekonomian global. 

Menurutnya, serangan ke Iran dan respons Tehran termasuk upaya untuk menutup Selat Hormuz akan menyebabkan kenaikan tajam harga minyak dunia dan secara serius dapat membahayakan perekonomian global.

"Israel harus berpikir panjang dan matang sebelum memulai serangan, karena banyak pihak percaya bahwa serangan itu akan memicu konflik dan krisis yang lebih luas dan memiliki konsekuensi negatif serta menciptakan ketidakstabilan ekonomi global," jelasnya kepada Reuters, Selasa (7/2).

Burt menambahkan, siapa pun yang menyerang infrastruktur nuklir Iran, ia benar-benar telah membuat keputusan salah untuk berperang dengan Iran. "Karena dampak dari serangan ini, beberapa kekuatan regional yang ingin memperoleh senjata nuklir akan melipatgandakan upayanya untuk mendapatkan bom atom sebagai alat penangkal," kata Burt yang juga menjabat mantan kepala negosiator AS untuk pengurangan senjata strategis.

0 komentar:

Poskan Komentar