Selasa, 28 Februari 2012

Gempur Warga, Assad Turunkan Pasukan Elit


Presiden Suriah Bashar al-Assad terus melakukan penggempuran terhadap wilayah yang mereka klaim sebagai sarang pemberontak. Salah satunya adalah kota Homs, yang menjadi sasaran pasukan elit bersenjata yang dikirimkan rezim Assad.

Menurut Reuters, mengutip dari sumber oposisi, pasukan elit divisi keempat angkatan bersenjata Suriah yang terdiri dari pasukan tank dan tentara darat diturunkan di Homs pada Selasa, 28 Februari 2012. Pasukan yang dipimpin oleh saudara lelaki Assad, Maher, ini bergerak ke wilayah selatan Homs, Baba Amro.

Di tubuh tank, terdapat gambar bertuliskan "Monster Divisi Keempat," semakin menambah keangkeran pasukan tersebut. Sudah puluhan korban tewas di Baba Amro di Homs. Menurut sumber, sebanyak 64 dibantai di wilayah yang dikatakan pemerintah sudah dikuasai pemberontak ini.

Di wilayah ini juga, dua orang wartawan asing terluka. Bulan Sabit Merah yang berusaha mengeluarkan mereka dari Homs mengaku kesulitan memasuki lokasi.

Sementara itu, di kota Hama, sedikitnya 20 orang tewas saat pasukan Suriah menggempur lokasi tersebut hari ini. Wilayah di Hama, Helfaya, digempur dari dua sisi, menewaskan 18 orang. Menurut saksi mata, sebagian besar korban tewas ditembak di kepala.

Kesaksian warga ini belum bisa dikonfirmasi karena sulitnya akses bagi media untuk memasuki lokasi. Pemerintah Suriah tidak memberikan izin wartawan asing memasuki wilayah konflik.

Komite Koordinasi Lokal Suriah, sebuah kelompok oposisi, memperkirakan 9.000 orang tewas sejak tentara Assad menggempur rakyat Maret tahun lalu.

0 komentar:

Poskan Komentar