Senin, 27 Februari 2012

10 Desain Mobil Terburuk di Dunia

Desain setiap mobil memiliki peranan penting untuk dapat memikat para calon konsumen. Itu juga yang membuat produsen otomotif di dunia berlomba-lomba berinovasi guna merancang desain terbaik dari setiap produknya.

Seperti dilaporkan Automotto, Senin 27 Februari 2012, perusahaan besar otomotif bahkan rela menghabiskan uang dalam jumlah besar, saat merancang kendaraan baru.

Namun, banyak juga dari mereka yang gagal menciptakan desain indah atau enak dilihat, meski sudah menghabiskan biaya cukup banyak. Alhasil, mobil ini menjadi sepi peminat di pasaran.

Berikut daftar 10 mobil yang memiliki desain terburuk di dunia:

1. Ford Pinto
Ford Pinto diluncurkan oleh Ford pada tahun 1971 sebagai mobil kompak dan dipasarkan hingga 1978. Mobil dengan berat 816 kg ini dijual dengan banderol kurang lebih US$2.000 atau sekitar Rp18 juta.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan sebagai sedan dua pintu dengan desain kursi balap, yang cukup rendah dan diperkuat mesin 4-silinder segaris.

Peristiwa kontroversial pernah dialami Ford Pinto dalam soal keselamatan, yaitu saat tangki bahan bakar dilahap percikan api setelah terjadi tabrakan. Ford Pinto akhirnya ditarik kembali dari pasar pada tahun 1978.

2. Bond Bug
Bond Bug adalah mobil Inggris dengan tiga roda. Diluncurkan pada 1970 oleh perusahaan Bond, yang lalu dibeli oleh perusahaan Reliant Regal.

Awalnya mobil ini hadir dalam 3 varian, yakni Bond Bug 700, 700E, dan 700ES. Mobil ini memiliki kecepatan maksimum sekitar 78 km/jam, dan hanya diproduksi sebanyak 2.300 unit.

Bond Bug yang dibanderol sekitar US$630 atau sekitar Rp5,7 juta akhirnya berhenti diproduksi pada 1974.

3. Volkswagen Thing
Mobil ini dikenal sebagai Trekker di Inggris dan Thing di Amerika Serikat. Unit ini pertama kali dikembangkan oleh Volkswagen dengan ide sebagai kendaraan praktis untuk patroli militer.

Volkswagen Thing kemudian diperkenalkan untuk digunakan oleh sipil pada tahun 1971 di Inggris dan 1972 di Amerika Serikat. Dengan mesin di belakang, ruang pada gearboks tengah bertransmisi manual terasa lebih lebar ketimbang VW Beetle (yang sama-sama mengaplikasi mesin belakang).
Sedangkan sistem suspensi lengan ayun berada di bagian belakang. Sejak tahun 1979, Volkswagen Thing telah terjual 50.000 unit. Hingga akhirnya produksi Thing dihentikan pada tahun lalu.

4. AMC Gremlin

AMC Gremlin diperkenalkan oleh perusahaan otomotif di Amerika pada 1 April 1970 silam. Mobil kompak ini membukukan angka penjualan cukup memuaskan sebesar 671 ribu unit.

Mobil ini hadir dengan 2 varian, yakni dengan konfigurasi dua kursi yang dibanderol US$1.880 atau sekitar Rp17 juta, dan hatchback dengan 4 kursi yang dibanderol US$1.950, atau sekitar Rp17,6 juta.

AMC Gremlin dibuat lebih lebar sehingga stabilitasnya cukup baik dan menyuguhkan kenyamanan untuk penumpangnya. Namun sayangnya, desain modelnya sangat buruk.

5. Bricklin SV1

Mobil yang diproduksi di pabrik Bricklin mulai dipasarkan pada tahun 1974. Mobil ini menggunakan konsep mobil sport yang aman dengan julukan SV1 (Safety Vehicle One).

Bricklin menggunakan bahan fiber untuk bodinya dengan konsep pintu gunting, yang memiliki sejarah sebagai mobil pertama dengan konsep pintu ini.

Pintu gunting di mobil ini dapat dibuka dan ditutup dengan menekan sebuah tombol. Sayangnya, desain mobil tidak menjual dan kurang enak dilihat. Selain itu, fitur keamanannya dinilai tidak efisien.

0 komentar:

Poskan Komentar