Kamis, 12 Januari 2012

Lempari Water Cannon, Pendemo Ditangkap


Sekelompok pendemo berhasil merubuhkan pagar masuk Gedung DPR/MPR Jakarta saat melakukan aksi, hari ini. Satu pendemo yang ikut merobohkan pagar yang tingginya sekitar 3 meter itu, diamankan polisi. 

Satu orang telah diamankan polisi karena terlihat melempari water cannon dan kemudian loncat memasuki gedung DPR. Demonstran yang diamankan itu bernama Wawan, seorang petani asal Tasikmalaya.

"Saya datang bersama rombongan. Yang lain juga melempar batu, jadi saya ikut-ikutan, pintu gerbang juga roboh jadi saya ikut masuk," kata Wawan yang saat ini berada di pos keamanan Gedung DPR, Kamis 12 Januari 2012.

Kepolisian mengaku hanya bisa menangkap satu pelaku itu saja. "Waktu gerbang rubuh, dia keliatan dorong-dorong tembok dan loncat, terus lempar batu ke mobil water cannon," jelas Mulyadi, seorang petugas kepolisian di pos keamanan.
Semula, massa berdemo mengenai kebijakan pemerintah terkait konflik agraria yang berujung pertumpahan darah dengan damai. Namun massa kemudian mulai merangsek dengan mendorong pagar gerbang DPR.
Setelah berhasilkan merobohkan pagar pintu masuk, sejumlah orang berlari menuju ke dalam gedung. Mereka langsung dihalau petugas dengan barikade.

Saat ini, dari pantauan VIVAnews.com situasi sudah mulai terkendali, mobil water cannonsudah tak lagi disemprotkan. Polisi yang berjajar di dalam gedung DPR untuk mengamankan situasi juga sudah mulai bubar, meski masih tampak berjaga. Sementara di luar gedung, orasi masih terus dilakukan.

0 komentar:

Poskan Komentar