Rabu, 25 Januari 2012

Imbang dengan City, Liverpool ke Final

Liverpool maju ke final Piala Liga Inggris usai bermain imbang 2-2 dengan Manchester City di laga leg II babak semifinal. Hasil ini meloloskan The Reds ke partai puncak dengan keunggulan agregat 3-2.

Bermain di Anfield, Kamis (26/1/2012) dinihari WIB, Liverpool langsung tampil menekan sejak awal. Meski begitu, tuan rumah malah kecolongan menyusul gol Nigel De Jong di menit 31.

Kapten Steven Gerrard kemudian sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti pada menit 40. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama ditutup.

Di babak kedua, City membalikkan keadaan sekaligus menghidupkan asa lolos usai Edin Dzeko mencetak gol di menit 67. Namun, Craig Bellamy memastikan tiket final Liverpool dengan golnya tujuh menit kemudian.

Dengan demikian, Liverpool melaju ke laga puncak dan akan menghadapi Cardiff City yang sebelumnya menyingkirkan Crystal Palace lewat adu penalti.

Jadwal Pertandingan

Peluang emas pertama hadir buat Liverpool di menit kelima. Dari umpan silang Stewart Downing yang memantul Aleksandr Kolarov, bola menemui kaki Jose Enrique. Sayang sepakannya ke arah gawang bisa diantisipasi kiper Joe Hart dengan kakinya.

Aksi saling balas serangan dari kedua tim. Sepakan Glen Johnsson dibalas dengan tembakan keras Samir Nasri. Belum ada yang menghasilkan gol.

Tekanan yang dilancarkan oleh tim tuan rumah cukup membuat Hart sibuk. Namun, dibantu kesigapan barisan pertahanan City, Liverpool urung mendapat kesempatan mencetak gol.

Ancaman datang dari Craig Bellamy. Menusuk dari luar kotak penalti, striker Wales itu melepaskan sepakan keras yang masih bisa ditepis Hart di atas mistar gawang.

Di menit 24 Bellamy merobek gawang City lewat sepakan dari tengah kotak. Namun, gol dianulir karena si pemain berada di posisi offside.

Saat gencar menyerang, Liverpool justru kecolongan. Serangan balik City yang diarsiteki oleh David Silva berhasil membuahkan gol penyama di menit 31.Dari luar kotak, Nigel De Jong melepaskan tembakan melengkung yang menaklukkan Reina.

Keunggulan itu tidak berlangsung lama. Sembilan menit kemudian, Liverpool sukses menyamakan kedudukan 1-1 lewat tendangan penalti Steven Gerrard.

Hadiah penalti diberikan wasit usai Micah Richards dianggap melakukan handball dalam upayanya menghalau tembakan Daniel Agger. Skor imbang ini bertahan hingga turun minum.

Liverpool langsung menggebrak di awal babak kedua. Dirk Kuyt melakukan tendangan keras ke arah gawang City. Hart lagi-lagi berhasil menepis sebelum dihalau oleh Lescott.

Dua penyelamatan gemilang dari Hart. Sepakan Kuyt dari jarak dekat dan tembakan keras Martin Skrtel dari sisi kiri kotak.

Hart kembali jadi penghalang Liverpool dalam upaya mencetak gol tambahan. Tembakan Downing hasil umpan Kuyt kembali digagalkannya.

Gol! Edin Dzeko membawa City kini berbalik unggul 2-1 di menit 67. Umpan silang Kolarov dengan mudah diteruskan menjadi gol oleh striker Bosnia itu.

Bencana bagi City. Tujuh menit kemudian, Liverpool kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Bellamy menjebol gawang yang dijaga Hart usai melakukan kerjasama dengan Glenn Johnson di kotak penalti.

City kemudian masih berupaya melancarkan tekanan namun hingga laga berakhir skor imbang 2-2 tidak berubah dan Liverpool berhak maju ke final.

Susunan Pemain:
Liverpool: Reina, Johnson, Skrtel, Agger, Jose Enrique, Downing, Adam, Gerrard, Henderson, Bellamy (Kelly 88'), Kuyt (Carroll 90+)

City: Hart, Richards, Savic (Aguero 47'), Lescott, Zabaleta, De Jong (Adam Johnson 77'), Barry, Silva, Nasri, Kolarov, Dzeko

0 komentar:

Poskan Komentar