Jumat, 20 Januari 2012

Apindo: Perusahaan Korea & Jepang Ancam Hengkang dari Indonesia


Perusahaan Korea dan Jepang mengancam akan hengkang dari Indonesia karena iklim hubungan industrial termasuk soal upah buruh yang tidak kondusif. Bahkan sebagian perusahaan eksportir telah berencana untuk melakukan relokalisasi. 

Demikian disampaikan oleh Ketua Bidang Pengupahan dan Jaminan Sosial Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, dalam acara konferensi pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Jumat (20/1/2012)

"Banyak, mereka itu sudah persiapan untuk relokasi, kalau angka pastinya saya belum tahu ya tapi dari perwakilan perusahaan Jepang, Korea mereka sudah mulai. Mereka memberikan indikasi yang kuat kalau ini terus berlanjut, mereka kan nggak bisa kerja, setiap tahun di rongrong begitu," tegasnya.

Hal ini salah satunya terkait dengan aksi demo oleh buruh di Bekasi yang terjadi kemarin, Kamis 19 Januari 2012, dimana para buruh meminta supaya Apindo mencabut gugatannya.

"Karena mereka juga nanya ke kita, pandangan Apindo gimana, kan kita nggak bisa bohong sama mereka. Boro-boro kita mau mengamankan kalian, undang-undangnya aja kita amandemen nggak bisa. Nah mereka kan bisa mikir, wah bahaya nih hubungan industrial di Indonesia," katanya.

Adapun perusahaan-perusahaan Jepang dan Korea yang berencana akan hengkang berasal dari sentra-sentra industri di Cakung, Bekasi, Tangerang dan Karawang. "Termasuk Cakung, Bekasi, Tangerang, Kerawang, jadi 4 sentra-sentra itu," katanya.

0 komentar:

Poskan Komentar