Senin, 16 Mei 2011

AWAS PENIPUAN IKLAN LEWAT FACEBOOK MARAK

Makassar:  David, 26, warga Jalan Sulawesi, Makassar, melapor ke Mapolrestabes Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (16/5). Ia tertipu iklan penjualan laptop di layanan jejaring sosial Facebook.

Korban mengaku sudah melakukan transfer sebesar Rp3,2 juta untuk pembelian laptop merek Sony. Dana itu ditransfer ke nomor rekening BRI Cabang Tamalanrea 799-0-100-181-9502 atas nama Amrizal Kifili.

Warga keturunan Tionghoa ini mengaku memesan barang itu karena tergiur dengan layanan iklan facebook dan mengarahkan pemesanan barang ke website batamsinarharapan.blogspot.com.

"Info situs itu memang menggambarkan sebuah toko penjualan elektronik yang menjual produk-produk dari Batam. Harganya memang lumayan murah, makanya saya langsung pesan," ucapnya.

Hal serupa dialami Dini, 16, pelajar SMA Negeri di Makassar. Ia dan mengaku rugi Rp1,5 juta. "Waktu itu, saya tertarik dengan iklan milik Cahaya Batam Cellular di facebook. Mereka menawarkan harga BB tipe Tourch cukup murah. Ketika saya hubungi melalui nomor 085323323553, seorang pria menyuruh saya untuk mentransfer uang Rp1,5 juta sebagai DP (uang muka)," ungkap dia.

Usai mentransfer, korban menelepon untuk menanyakan nomor resi pengiriman barang. Ternyata nomor telepon yang dituju sudah tidak aktif. Dia menghubungi beberapa kali. Hasilnya sama saja.

"Saya terbiasa membeli barang secara online dan belum pernah tertipu. Saya pun percaya," keluh dia.

Mendengar laporan sejumlah warga itu, aparat kepolisian setempat langsung menindaklanjuti kasus itu dengan mencoba menelusuri situs yang mengaku toko online yang beroperasi di Batam

0 komentar:

Posting Komentar