Selasa, 17 Mei 2011

AWAS INFORMASI SESAT JAKARTA GEMPA 8.7 SR MALAM INI


Kami menerima banyak masukan masyarakat terkait tersebarnya informasi melalui Blackberry Messenger yang menyebutkan Jakarta akan dilanda gempa bekekuatan 8,7 Skala Richter malam ini. Dalam pesan tersebut ditampilkan tautan ke salah satu berita okezone, 16 Mei 2011, sehingga seolah-olah informasi tersebut berasal dari kami.

Dengan ini kami menyampaikan bantahan tegas kepada semua pembaca dan masyarakat. Bantahan ini kami pandang perlu agar tak ada kepanikan akibat kesesatan informasi.

Berikut kami tampilkan isi pesan tersebut:

“Info BMKG: diperkirakan malam ini akan terjadi gempa berkekuatan 8,7 skala richter di Jakarta dan sekitarnya. Hindari daerah yg berdekatan dgn pantai, apabila trjadi guncangan yg cukup kuat nanti malam, segera keluar rumah, hindari gedung-gedung bertingkat, dan segera lari ke daerah datar (lapangan, jalanan) untuk menghindari kemungkinan terkena reruntuhan bangunan. Mari selamatkan teman-teman, saudara dan keluarga kitaO:)

http://m.okezone.com/read/2011/05/16/338/457517/jakarta-

Perlu kami jelaskan, berita yang dimuat okezone dan juga banyak media massa nasional ihwal potensi gempa berkekuatan 8,7 Skala Richter 16 Mei lalu sama sekali tidak mencantumkan waktu kejadian itu akan berlangsung. Karena menurut pakar gempa bumi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dani Hilman, potensi tersebut masih diteliti ahli sehingga tak bisa dijabarkan secara detail.

Dan sejauh yang kami tahu berdasarkan pernyataan beberapa ahli selama ini, belum ada teknologi yang mampu meramalkan waktu peris terjadinya gempa bumi. Demikian penjelasan ini kami sampaikan agar menjadi perhatian seluruh khalayak.

0 komentar:

Poskan Komentar