Selasa, 12 April 2011

YOUTUBE LIVE BETA MEMPERMUDAH SIARAN LANGSUNG DI INTERNET


Setelah masa percobaan dua tahun, Google akhirnya meluncurkan layanan YouTube Live Beta. Bentuk layanan ini hadir sebagai konsistensi Google rambah dunia siaran langsung, termasuk juga bereksperimen dengan live comments yang ditujukan pada penyedia siaran secara langsung.
Demikian dikatakan Joshua Siegel, Manager Produk YouTube Live. Dalam masa percobaan sebelum diluncurkan, YouTube Live telah menayangkan beberapa konser musik secara langsung seperti Konser U2 di Rose Bowl, Pasadena, pertandingan kriket the Indian Premier League, dan sebuah pernyataan Presiden AS Barack Obama.
"Sejak hari ini, kita meluncurkan cikal-bakal dari Youtube Live yang akan mengintegrasikan kemampuan-kemampuan siaran langsung dengan alat-alat penemuan secara langsung dalam platform Youtube," kata Siegel.
Realisasi proyek ini juga tidak dapat dilepaskan dari adanya tantangan untuk menayangkan secara langsung acara musik dan olahraga yang semakin getol di lakukan di internet di luar produk Google. Tampaknya pula, Google amat tertarik sekaligus ingin menantang layang serupa yang sudah dijalankan oleh Livestream, UStream, dan Justin.tv.
Sebelumnya, Google juga telah memiliki CitizenTube, sebuah saluran di Youtube didedikasikan untuk diskusi politik yang rupanya telah secara regular menjalankan siaran langsung. Dalam pembabakan awal, hanya mitra disetujui YouTube yang diperbolehkan untuk menggunakan platform YouTube Live ini.
"Hari ini, secara bertahap kita akan menggelindingkan produk siaran langsung beta kami, di mana memperbolehkan beberapa mitra YouTube tertentu berdasarkan penilaian rekaman baik sebelumnya dalam konten siaran langsung di YouTube. Tujuannya (pada tahap lebih lanjut), menyediakan layanan siaran langsung bagi ribuan mitra di saluran mereka masing-masing dalam beberapa bulan ke depan," terang Siegel lagi.
Bagaimana dengan penggunaan layanan ini untuk Indonesia, termasuk bagi calon mitra-mitra mereka di Indonesia? Belum terdapat informasi terkini. Baiknya, kita tunggu perkembangan lebih lanjut layanan teranyar dari YouTube ini.

0 komentar:

Poskan Komentar