Kamis, 28 April 2011

KORBAN BADAI DI AS MENCAPAI 300 ORANG TEWAS



Total korban tewas akibat serangkaian badai dan tornado di seluruh wilayah selatan Amerika Serikat naik menjadi 305 orang pada Kamis (28/4/2011) waktu setempat. Dari jumlah itu, sebanyak 204 orang merupakan korban tewas hanya negara bagian Alabama saja.
Kami ketahui 204 orang tewas di negara bagian Alabama, termasuk 36 orang di Tuscaloosa," kata seorang perempuan juru bicara manajemen penanganan bencana kepada AFP. Tuscaloosa, Alabama, merupakan wilayah yang paling parah terlanda tornado.
Para pejabat memperingatkan bahwa jumlah pasti korban tewas dalam bencana tornado terburuk yang menerjang Amerika Serikat dalam beberapa dasawarsa itu belum bisa diketahui dalam beberapa hari.
Sementara itu, pihak Gedung Putih mengatakan, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dijadwalkan melawat ke Alabama, Jumat ini, untuk meninjau kerusakan yang ditimbulkan. "Obama direncanakan melawat ke Alabama besok untuk meninjau kerusakan dan juga bertemu dengan Gubernur (Robert) Bentley dan pejabat-pejabat setempat serta keluarga yang terkena badai", kata Gedung Putih dalam satu pernyataan, Kamis. Obama telah berencana akan melakukan perjalanan ke wilayah Amerika Serikat pada Jumat ini untuk menghadiri peluncuran terakhir pesawat ulang-alik ruang angkasa Endeavour dan menyampaikan pidato wisuda di Miami Dade College di Florida.
Dari keseluruhan korban tewas akibat badai yang dilukiskan sebagai sistem tornado paling mematikan yang menyerang AS sejak 1974, sebanyak 34 orang terdapat di Tennessee, 33 di Mississippi, 14 di Georgia, 12 di Arkansas, lima di Virginia, dua di Missouri, dan satu di Kentucky.

0 komentar:

Poskan Komentar