Rabu, 23 Maret 2011

ALASAN KENAPA INDONESIA KERANJINGAN HP BBM


Jakarta - Ada sejumlah alasan yang dikemukakan Research in Motion (RIM), tentang mengapa BlackBerry Messenger (BBM) begitu disukai oleh penggunanya di Indonesia. Apa saja?

"Ya, BBM memang jadi killer application bagi kami untuk menyasar pasar di Indonesia. Dari survei yang kami lakukan, ada beberapa alasan," kata Arun Verma, Platform Evangelist dari RIM dalam media briefing di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Yang pertama adalah fitur "Groups" dalam BBM. "Orang suka berkomunitas. Membicarakan segala hal dengan teman-temannya dalam sebuah kelompok. Dan fitur ini begitu disukai," ujar Arum

Kedua adalah "Display Picture Change". Fitur ini, kata Arun, kerap dimanfaatkan oleh pengguna BlackBerry dari Indonesia untuk ajang 'narsis' menunjukkan foto-foto terbaru.

Kemudian yang ketiga, jelasnya, orang Indonesia suka BBM karena bisa berkirim pesan sesuka hatinya dengan karakter panjang tanpa batas.

"Mereka juga tak khawatir kena biaya ekstra. Karena semua sudah jadi satu paket dalam akses data. Lagipula, lewat BBM, mereka juga dapat konfirmasi realtime. Hal itu ternyata sangat disukai," kata Arun.

Untuk bisa saling terkoneksi satu dan pengguna BlackBerry lainnya, pilihan yang ditawarkan juga banyak. Selain saling bertukar nomor PIN (personal identification number), pengguna BlackBerry katanya juga menyukai opsi menambah daftar kontak dengan memasukan alamat email maupun pemindaian barcode.

"Itulah mengapa, orang tak bisa lepas dari handset BlackBerry-nya. Semua kebutuhan komunikasi sudah tersedia di situ. Kami di RIM beserta para mitra pengembang juga terus mengeksplorasi kebutuhan pelanggan," kata Arum.

RIM sendiri dalam waktu dekat akan menerbitkan update-an terbaru untuk fitur BBM. Rencananya, update ini akan dirilis dalam ajang BlackBerry App World, Mei 2011 mendatang.

"Kami tengah menyiapkan BBM social platform. Di situ kami menyiapkan fitur invite contact BBM untuk bermain game bersama, embedded chat di dalam aplikasi, kemudian share app content dengan BBM contact kita. Kita juga bisa bikin app community dan customize profile dengan app status. Tunggu saja," pungkas Arum.

0 komentar:

Posting Komentar